PENGARUH INFLUENCER DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE MEREK OPPO PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN ILMU SOSIAL UNIVERSITAS SARI MUTIARA INDONESIA

Authors

  • Dewi Dayanti Telaumbanua Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Ilmu Sosial Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Mery Lani Purba Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial, Universitas Sari Mutiara Indonesia, Indonesia
  • Rika Meihayani Ginting Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial, Universitas Sari Mutiara Indonesia

Keywords:

Influencer, Inovasi Produk, Keputusan Pembelian

Abstract

Smartphone Oppo merupakan salah satu handphone android yang banyak digunakan di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh influencer dan inovasi produk terhadap keputusan pembelian smartphone Oppo pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial Universitas Sari Mutiara Indonesia. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui survei dengan pendekatan jenis penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial Universitas Sari Mutiara Indonesia yang berjumlah 675 orang. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling, dimana orang yang dijadikan sampel harus mempunyai kriteria tertentu yaitu merupakan pengguna smartphone Oppo, dengan jumlah sampel sebanyak 120 responden. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dan diolah dengan menggunakan perangkat lunak SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Influencer berpengaruh terhadap keputusan pembelian, dibuktikan dari nilai thitung sebesar 9,602dengan nilai signifikan sebesar 0,000<0,05;  (2) inovasi produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian dibuktikan dari nilai thitung 5,259 dengan nilai signifikan sebesar 0,000<0,05; dan (3) Influencer dan inovasi produk  berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian, dibuktikan dengan hasil pengujian diperoleh dengan nilai F hitung sebesar 439,942dengan nilai signifikan 0,000<0,05.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, D. (2021). Sambut Peluncuran Find X3 Pro, Oppo Gandeng 6 influencer. Ada Apa? Info Komputer. https://infokomputer.grid.id/read/122594224/sambut-peluncuran-find-x3-pro-oppo-gandeng-6-influencer-ada-apa?page=all
Amalia, A. C. (2019). Influencer Sebagai Content Creator. Binus Malang. https://binus.ac.id/malang/2019/01/influencer-sebagai-content-creator/
Bayu. (2021). 6 Merk Hp Terlaris & Terlaris di DuniaTahun 2021 (Versi IDC). Juraganhp.Com. https://juraganhp.com
Butarbutar, L. (2019). Pengaruh Online Customer Review , Influencer Marketing , dan Kualitas Website terhadap Keputusan Pembelian Online Shop Shopee pada Mahasiswa / I Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara.
Cahya, I. (2020). 5 Merek Smartphone Terpopuler di Indonesia, Laporan Q3 2020. Merdeka.Com. https://m.merdeka.com
Carissa, T., & Aruman, A. E. (2017). Pengaruh Sales Promotion dan Influencer Marketing Terhadap Minat Membeli dalam Mobile Legends. 1–11.
Daeng, Maria, Trivena, I., Mewengkang, N. ., & Kalesaran, R, E. (2017). Penggunaan Smartphone Dalam Menunjang Aktivitas Perkuliahan Oleh Mahasiswa Fispol Unsrat Manado. Acta Diurna, VI(1), 1–15.
Dhewanto, W., Mulyaningsih, H. D., Permatasari, A., Anggadwita, G., & Ameka, A. (2013). Manajemen Inovasi (M. Bendatu (ed.); ke-1). CV Andi Offeset. www.andipublisher.com
Erni, O. (2018). Pengaruh Digital Marketing, Brand Image dan Influencer Marketing pada Keputusan Pembelian Online.
Firdausi, I. (2016). Pengaruh Inovasi Produk, Daya Tarik Iklan dan Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Cafe Dengan Menu Unik. https://uny.ac.id/43241/1/IntanFirdaus_12808141010
Gifani, A., & Syahputra2. (2017). Pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian produk smartphone oppo pada mahasiswa universitas telkom. 81–94.
Ginting, M., & Sembiring, H. (2018). The Effect of Product Innovation, Product Quality and City Image on Purchase Decision of Uis Karo Woven Fabric. 46(Ebic 2017), 593–598. https://doi.org/10.2991/ebic-17.2018.94
H.P, Yodi; Widyastuti S; L.S, N. (2016). The Effects of Content and Influencer Marketing on Purchasing Decisions of Fashion Erigo Company. https://dinastipub.org
Hariyanti, N. T., & Wirapraja, A. (2018). Pengaruh Influencer Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Digital Era Moderen ( Sebuah Studi Literatur ). 15(1), 133–146.
Hasrina. (2017). Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Yaris pada PT Hadja Kalla Cabang Urip. http://eprints.unm.ac.id/6665/1/P
Hatta, H., & Adrenanus, R. (2019). Pengaruh Influencer, Membership Program, dan Instagram AdsTerhadap Minat Pembelian Ulang Customer Brand Coach . ( Studi Kasus Coach , Plaza Senayan ). 2(2), 79–89.
Hatta, I. H., Rachbini, W., & Parenrengi, S. (2018). Analysis of Product Innovation, Product Quality, Promotion, and Price, and Purchase Decisions. South East Asia Journal of Contemporary Business, 16(5), 183–189. https://dosen.univpancasila.ac.id
Irvan, Aswar, & Erviana. (2020). Hubungan Smartphone Dengan Kualitas Tidur Remaja Di Sma Negeri 2 Majene. 5, 95–100.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran (A. Maulana, D. Darnadi, & Wibi Hardani (eds.); ke-12). Penerbit Erlanga. http://www.erlanga.co.id
Kurniawan, S. (2019). Apa Itu Influencer dan Manfaatnya untuk Bisnis? Niagahoster.Co.Id. https://www.niagahoster.co.id/blog/apa-itu-influencer/ %0A%0A
Nisa, R. R. (2019). Pengaruh Sosial Media Influencer dan Trustworthiness terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Make Over ( Di Royal Plaza ). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 07(02), 479–482. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/download/30171/27649
Nurfadila, S., & Riyanto, S. (2020). Impact of Influencers in Consumer Decision Process: The Fashion Industry. Interdisciplinary Journal on Law, Social Sciences and Humanities, 1(2), 1. https://doi.org/10.19184/ijl.v1i1.19146
Oppo. (2021). Oppo Smartphone. Oppo.Com. https://www.oppo.com
Pramudyatama, Y. (2019). https://whello.id/tips-digital marketing/pengertian-dan-jenis-jenis-influencer-marketing/. Whello Indonesia. https://whello.id/tips-digital-marketing/pengertian-dan-jenis-jenis-influencer-marketing/
Pratono, Yogas, M. (2018). Pengaruh Inovasi Produk, Harga dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Produk Handphone Samsung.
Raharjo, S. (2019). Cara Membaca Distribusi Nilai r Tabel Product Moment Lengkap. SPSS Indonesia. https://www.spssindonesia.com/2019/01/cara-membaca-nilai-r-tabel-product-moment.html?m=1
Rangkuti, F. (1999). Riset Pemasaran (ke-3). PT Gramedia Pustaka Utama.
Salsabila, Anindya, S. S. D. (2020). Analisi Pengaruh Sosial Media, Word of Mouth, dan Influencer Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Lovesick Coffe Bekasi). 7–33.
Sari, Ryana, C., & Hidayat, Molana, A. (2021). Pengaruh Influencer Marketing dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian di Uniqlo Universitas Telkom. 8(2), 1361–1368.
Seng, L. C., & Ping, N. S. (2016). the Influence of Product Innovation Toward Consumer Purchase Intention. International Journal of Economics, Commerce and Management, IV(4), 773–782. http://ijecm.co.uk/
Setiawan, A. T., DH, A. F., & Sanawiri, B. (2018). Pengaruh Gaya Hidup dan Inovasi Produk terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis, 62(1), 73–81.
Silalahi, E. (2020). Pengaruf Inovasi Produk dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Oppo. https://osf.io/dpeun/download
Sugiharto, Azi, S., & Ramadhana, Rezi, M. (2018). Pengaruh Kredibilitas Influencer Terhadap Sikap Pada Merek (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Komunikasi Dan Bisnis Universitas Telkom). VIII(2).
Sugiyono, P. D. (2016). Metode Penelitian (ke-19). Penerbit Alfabeta. www.cvalabeta.com
Utara, U. S. (2020). Pengaruh Influencer Marketing dan Marketplace Knowledge Terhadap Keputusan Pembelian Online Traveloka Eats.
Wardani, setyo, A. (2021). Pengguna Internet Dunia Tembus 4,66 Miliar, Rata-Rata Online ddi Smartphone. Liputan6.Com. https://m.liputan6.com
Yogastrian, I. (2020). Analisis Pengaruh Promosi, Influencer, dan Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sepatu (Study Kasus Pada Sepatu Brand Lokal).
Zak, S., & Hasprova, M. (2020). The role of Influencers in the Consumer Decision-Making Process. SHS Web of Conferences, 74, 03014. https://doi.org/10.1051/shsconf/20207403014

Downloads

Published

2021-11-30