GAYA KOMUNIKASI PUSTAKAWAN PADA PENGGUNA PADA TAMAN BACAAN MASYARAKAN LITERASI SOSIAL

Authors

  • Shinta Nofita Sari,S.Sos.,M.A Program Studi Ilmu Perpustakaan Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Niscaya Hia,S.Kom.,M.Si Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Sari Mutiara Indonesia

Keywords:

Gaya Komunikasi, Pustakawan, Taman Baca Masyarakat/TBM

Abstract

Penelitian ini dilakuan di Taman Baca Masyarakat / TBM Literasi Sosial. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk dapat mengetahui gaya komunikasi yang digunakan oleh pustakawan pada TBM Literasi Sosial. Metode penelitian yang dilakukan pada penelitian ini yaitu menggunakan deskripstif dengan pendekatan kualitatif. Informan pada penelitian ini yaitu pustakawan dan pengguna pada TBM Literasi Sosial. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa gaya yang digunakan pada komunikasi di TBM Literasi Sosial yaitu: 1) the controling style pustakawan pada TBM Literasi Sosial harus dapat memberikan komunikasi khusunya kepada anak-anak yang memanfaatkan TBM Literasi Sosial, 2) the equalitarian style ini, pustakawan pada TBM Literasi Sosial melakukan gaya komunikasi secara terbuka kepada pengguna yang memanfaatkan TBM Literasi Sosial, 3) the structuring style ini, founder TBM Literasi Sosial menggunakan gaya tersebut untuk proses kelancaran dari TBM Literasi Sosial, 4) the dinamic style ini tidak digunakan dalam melakukan komunikasi pada TBM Literasi Sosial. Alasannya pada gaya ini lebih mengarah kepada agresif yang sering dipakai oleh juru kampanye, 5) the relinguishing style ini, sangat diterapkan oleh pustakawan TBM Literasi Sosial. Alasannya gaya ini merupakan suatu masukan dengan cara memberikan saran, menerima masukan serta gagasan dari masyarakat yang memanfaatkan TBM Literasi Sosial 6) the withdrawal style ini, pada umumnya tidak pernah digunakan oleh pustakawan TBM Literasi Sosial alasannya gaya komunikasi ini jika digunakan bisa mengakibatkan melemahnya tindakan komunikasi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Caropeboka, Ratu Mutialela. 2017. Konsep dan Aplikasi Ilmu Komunikas, Yogyakarta: Andi. 2017
Departemen Pendidikan Nasional, 2008. Naskah Akademik Pengelola Taman Bacaan Masyarakat (TBM). Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Jakarta.
Dewi, C.R., 2010. Peran serta Taman Bacaan Masyarakat sebagai Modal Terwujudnya Surabaya sebagai Kota baca Memasuki Era Globalisasi. Direktorat Pendidik dan Tenaga Kependidikan Nonformal. Jakarta
Liliweri, A. 2011. Komunikai Serba Ada Serba Makna. Jakarta: Prenada Media Group

Parwiyanto, Herwan. 2007. Modul Kajian Komunikasi Dalam Organisasi /AN / FISIP Dalam perilaku Organisasi / Herwanparwiyanto.staff.uns.ac.id
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 81 Tahun 2013
Sendjaja, D. 1996. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Universitas Terbuka
Suhernik. 2006. Superior dan Layanan Prima Sebagai bentuk Layanan Berkualitas bagi Pustakawan Profesional, “Buletin Media Informasi dan Komunikasi Kepustakawanan. Volume 1, Nomor 2. Juli-Desember, Surabaya: Universitas Airlangga.
Sutarno Ns 2008. Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan. Jakarta: Penerbit Djambatan.
Sugiyono, 2010. Metode penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Widjaja, H.A.W. 2000. Ilmu Komunikasi Pengantar Studi. Jakarta: PT.Rineka Cipta. Hlm 57

Downloads

Published

2021-09-29