PENGARUH KEGIATAN MENCAMPUR WARNA TERHADAP KREATIVITAS MEWARNAI PADA ANAK KELOMPOK B DI TK PGRI 1 GENTENG KABUPATEN BANYUWANGI TAHUN AJARAN 2023/2024

Main Article Content

Khilma Maulida
Moh. Anas Syamsudin
Firma Yudha

Abstract

Kegiatan yang sering dilakukan pada pendidikan anak usia dini adalah mewarnai. Sayangnya tidak semua anak memiliki kreativitas mewarnai. Permasalahan yang terjadi di TK PGRI 1 Kembiritan Kecamatan Genteng Kabupaten Banyuwangi yaitu anak-anak kelompok B masih menggunakan satu jenis warna dan belum terampil dalam mengkreasikan warna. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kreativitas mewarnai sebelum diberikan kegiatan mencampur warna dan mengetahui pengaruh kegiatan mencampur warna terhadap kreativitas mewarnai pada anak kelompok B di TK PGRI 1 Kembiritan Kecamatan Genteng Kabupaten Banyuwangi. Sampel dalam penelitian ini yaitu sampel jenuh yang terdiri dari semua anak kelompok B dengan jumlah 19 anak. Penelitian ini mengunakan jenis kuantitatif dengan pendekatan Pre-experimental One-Group Pretest-Posttest Design. Data diambil dengan menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisi data menggunakan uji normalitas, homogenitas dan wilcoxon. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa skor rata-rata kreativitas mewarnai pada anak kelompok B sebelum penerapan kegiatan bermain mencampur warna dalam satu kelas memperoleh hasil 2,4. Hasil tersebut memiliki persamaan mulai berkembang. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji Wilcoxon menunjukkan nilai sig. (2-tailed) 0.000<0.05 sehingga dapat diambil keputusan bahwa ada pengaruh antara kegiatan mencampur warna terhadap kreativitas mewarnai pada anak usia 5-6 tahun di TK PGRI 1 Kembiritan Kecamatan Genteng Kabupaten Banyuwangi tahun ajaran 2023/2024.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Maulida, K., Syamsudin, M. A., & Yudha, F. (2024). PENGARUH KEGIATAN MENCAMPUR WARNA TERHADAP KREATIVITAS MEWARNAI PADA ANAK KELOMPOK B DI TK PGRI 1 GENTENG KABUPATEN BANYUWANGI TAHUN AJARAN 2023/2024. Jurnal Sentra Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 11–17. https://doi.org/10.51544/sentra.v3i1.5248
Section
Articles

References

Adhlani, muh. R. (2018). Kemampuan Mewarnai Gambar Siswa Kelompok a Tk Anugrah Al Aliimu Kecamatan Tamalanrea Makassar. Angewandte Chemie International Edition.

Azis, N. A. (2013). PENDIDIKAN SEUMUR HIDUP (Long Life Education). Pilar, 100–112.

Hardiyanti, Y., Husain, M. S., & Nurabdiansyah, N. (2018). Perancangan Media Pengenalan Warna Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Imajinasi, 2(2), 43. https://doi.org/10.26858/i.v2i2.9553

Hasanah, N. M. (2019). Penyelenggaraan Jalur Pendidikan Formal dan Nonformal. JECED : Journal of Early Childhood Education and Development, 1(2), 84–97.

Hidayati, S. R. S. W. (2020). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna Melalui Kegiatan Mencampur Warna Di TK Kehidupan Elfhaluy Tenggarong. Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 24. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/YaaBunayya/article/view/6683/4245

Marwan, S. (2021). Pengetian Warna. https://marwansetiawan.medium.com/pengertian-warna-e6726edc6635

Nur Laili, L. (2020). Peningkatan Kemampuan Seni Rupa Pada Anak Usia 4-5 Tahun Dengan Menggunakan Teknik Kreasi Cap Dari Bahan Alam Di Ra Al-Hikam Malang. Peningkatan Kemampuan Seni Rupa Pada Anak Usia 4-5 Tahun Dengan Menggunakan Teknik Kreasi Cap Dari Bahan Alam Di Ra Al-Hikam Malang.

Permendikbud RI No. 137 Tahun 2014. (n.d.). Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia, 13.

Sri Rezeki. (2020). Pengaruh Penggunaan Permainan Warna Dengan Media Alam Terhadap Perkembangan Kreatifitas Anak Usia Dini di PAUD Tunas Muda Galih Lunik Lampung Selatan. Universitas Islam Negeri Raden Intn Lampung.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. ALFABETA.

Sukatmi. (2011). Pencampuran Warna Dengan Media Cat Air Pada Kelompok A TK Kartika Rungkut Surabaya. Universitas Negeri Surabaya

Yuni Aminatus Zuhria. (2021). Optimalisasi Kreatifitas Anak Usia Dini Melalui Media Colour Corrugated Paper (Kokoru) Di Tk Khadijah 155 Cemetuk Cluring Banyuwangi. Institut Agama Islam Ibrahimy.

Zuryati. (2021). Efektifitas Metode Eksperimen Pencampuran Warna Untuk Meningkatkan Kognitif Anak Usia Dini 5-6 Tahun. Unuversitas Islam Neheri Sultan Syarif Kasim RIau, 4(1), 6.

Zuyyidatur, R. (2023). Meningkatkan Kemampuan Sains Melalui Kegiatan Mencampur Warna Pada Anak Kelompok B Di Tk Al-Falah Buluagung Siliragung Banyuwangi Tahun Pembelajaran 2022/2023. Institut Agama Islam Ibrahimy.