ANALISIS KOMPETENSI GURU PAUD DALAM MENGAJAR DAN KOMPETENSI PENUNJANG

Main Article Content

Sophia Nurhaqia
Eva Eriani
Rita Kencana
Seriyanti Siagian

Abstract

Kompetensi guru mengacu pada perpaduan antara pengetahuan, keterampilan, sikap yang harus ada dalam diri guru dalam menjalankan tugas-tugasnya dalam mendidik. Jurnal ini menyajikan tentang kompetensi dalam mengajar serta harus dikuasai oleh seorang guru dan kompetensi penunjang yang dapat mendukung keahlian dan perannya sebagai guru. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apa saja kompetensi dalam mengajar dan kompetensi penunjang yang mendukung keahlian seorang guru. Metode yang digunakan adalah studi kepustakaan (library research) yang menyadur sumber dari buku dan artikel pada jurnal ilmiah yang berkaitan dengan variabel penelitian. Temuan dalam penelitian ini yaitu seorang guru harus memperhatikan kompetensi yang harus dimiliki dan dikembangkan dalam mengajar, yaitu: 1) Mengajar dan mengoptimalkan potensi siswa, 2) Mendesain pembelajaran yang menarik, 3) Memahami gaya belajar siswa. Dalam proses belajar mengajar, guru paling sedikit menguasai empat kemampuan, yakni: 1) Merancang proses kegitan belajar mengajar dikelas, 2) Menerapkan proses belajar sesuai dengan rancangan, 3) Mengevaluasi proses belajar mengajar dikelas, 4) Menguasai materi pembelajaran. Beberapa hal yang terdapat dalam kompetensi penunjang yang harus dimiliki oleh seorang guru, yaitu: 1) Keahlian dalam menulis, 2) Keahlian dalam melakukan penelitian, 3) Keahlian dalam berbahasa asing.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Nurhaqia, S., Eriani, E., Kencana, R., & Siagian, S. (2023). ANALISIS KOMPETENSI GURU PAUD DALAM MENGAJAR DAN KOMPETENSI PENUNJANG. Jurnal Sentra Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 74–87. https://doi.org/10.51544/sentra.v2i2.4091
Section
Articles

References

Afandi, M. (2014). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1(1), 1–19. https://doi.org/10.30659/pendas.1.1.1-19

Anwar, M. (2018). Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Prenadamedia Group.

Dewi, P. Y. A., & Primayana, K. H. (2022). Transformasi Penerapan Modul Ajar Pada Kurikulum Merdeka di PAUD. Widya Kumara Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 1–10. https://doi.org/1055115/widyakumara.v3i2.2422

Imron, F., & Srikantono. (2013). Kurikulum dan Bahan Ajar PAUD. Jember: Studi Pemberdayaan Rakyat dan Transformasi Sosial (SUPERIOR).

Kosilah, & Septian. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Assure Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(6), 1139–1148.

Maisarah. (2020). PTK dan Manfaat Bagi Guru. Bandung: Media Sains Indonesia.

Novitasari, D., & Fitria, N. (2021). Gambaran Kompetensi Profesional Guru Paud Mangga Paninggilan Ciledug. Jurnal Audhi, 3(2), 68–72. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v3i2.595

Periera, S. (2015). Pentingnya Rancangan Pembelajaran Sosiologi Bagi Dunia Pendidikan di Timor Leste. Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran, 01(02), 108–114.

Rina, F. (2021). Kompetensi Guru. Jakarta: PT.Bumi Aksara.

Sardila, V. (2015). Strategi Pengembangan Linguistik Terapan Melalui Kemampuan Menulis Biografi dan Autobiograf. Jurnal Pemikiran Islam, 40(2), 110–117.

Suminah, E., Safitri, Kamisah, Fitria, Julia, & Julius. (2015). Pedoman Penilaian Pembelajaran Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini.

Most read articles by the same author(s)