PERANAN LITERASI INFORMASI DALAM PEMANFAATAN LAYANAN REFERENSI DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS HKBP NOMMENSEN MEDAN (Studi Kasus: Mahasiswa Semester VIII)
DOI:
https://doi.org/10.51544/jnli.v1i1.5338Keywords:
Literasi Informasi, Layanan Referensi, Perpustakaan Universitas HKBP Nommensen MedanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan literasi informasi dalam pemanfaatan layanan referensi di Perpustakaan Universitas HKBP Nommensen Medan. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan: Observasi, wawancara dan dokumentasi. Data tersebut dianalisis secara kualitatif. 1) Literasi informasi sangat membantu mahasiswa dalam memperoleh akses ke informasi yang dibutuhkan serta mengevaluasi informasi secara efektif, 2) Model literasi informasi empowering eight dapat membantu mahasiswa dalam mengidentifikasi, mengeksplorasi, menyeleksi, organisasi, menciptakan, presentase, mengakses serta menerapkan informasi dengan tepat, 3) Mahasiswa menganggap layanan referensi adalah ruangan arsip, fungsi layanan referensi belum dilaksanakan secara maksimal dapat dilihat dari tidak diterapkannya fungsi bimbingan, fungsi instruksi, fungsi supervisi, fungsi bibliografi dan fungsi evaluasi dan jenis koleksi referensi yang minim membuat mahasiswa hanya mengetahui beberapa jenis koleksi saja seperti skripsi, kamus dan ensiklopedia. Skripsi adalah jenis koleksi yang paling sering digunakan oleh mahasiswa.
Downloads
References
Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Makassar: Syakir Media Press.
Adam. (2009). Makalah Literasi Informasi. Yogyakarta: Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Agustina. (2022). Pemetaan Daerah Potensi Penangkapan Ikan Berbasis Sistem Informasi Geografis di Perairan Barru, Parepare dan Pinrang. Jurnal Sains dan Teknologi Perikanan, Vol.2 (1), 1-13. https://jurnals.umsrappang.ac.id/jikan/article/view/631/480
Bahri, S., & Parudani, I. (2022). Literacy Education: helping EFL students achieve better learning outcomes. Journal of Languages and Education, Vol 2 (2), 59-66. https://doi.org/10.56724/ladu.v2i2.99
Bent, M., Stubbings, R., & SCONUL. (2011). The SCONUL Seven Pillars of Information Literacy Core Mode lFor Higher Education. Sconul, 1-14. https://www.researchgate.net/publication/259341007_The_SCONUL_Seven_Pillars_of_Information_Literacy_Core_model
Hardani, Andriani, H., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Istiqomah, R. R., Fardani, R. A., . . . Auliya, N. H. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Ilmu Grup.
Ilmi, B. (2022). Ask Librarian: Penerapan Teknologi Informasi Perpustakaan pada Layanan Referensi di Perpustakaan Umum Asia. Jurnal Pustaka ilmiah, Vol 8 (1), 20-19. https://jurnal.uns.ac.id/jurnalpustakailmiah/article/view/61792/36082
Indonesia Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. (2017). Peraturan Kepala Perpustakaan Nasional Nomor 13 Tahun 2017 Tentang Standar Nasional Perpustakaan Perguruan Tinggi. Jakarta: Perpustakaan Nasional RI.
Muhajir, Miftahurrahman, & Dewi, Z. R. (2022). Analisis Laporan Keuangan Bank Negara Idonesia Dan Bank Negara Indonesia Syariah. For Islamic Studies, Vol 5 (2), 180-190. https://www.alafkar.com/index.php/Afkar_Journal/article/view/298/175
Mulyono, D., & Ansori, A. (2020). Literasi informasi dalam kerangka pengembangan pendidikan masyarakat. Comm-Edu (Community Education Journal), 3(1), 1-6. https://www.journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/commedu/article/view/3516
Organization, U. N. (2008). Information for All Programme (IFAP): Towards Information Literacy Indicators. France: UNESCO https://en.unesco.org/creativity/sites/creativity/files/cdis_methodology_ma nual_0_0.pdf
Organization, U. N. (2008). International Conference on Education. International Conference Centre, Geneva, Vol 48 (3), 1-31. https://www.ibe.unesco.org/fileadmin/user_upload/Policy_Dialogue/48th_ ICE/CONFINTED_48-3_English.pdf Rahmah, E. (2018). Akses dan Layanan Perpustakaan. Jakarta: Prenada Media Grup. Riady, Y., Kuswanti, E.,
Riady, H., & Miliani, M. (2022). Literasi informasi, Optimasi akses internet guru dan siswa di wilayah Kepulauan Seribu. Jurnal Pengabdi Masyarakat, Vol.1 (1), 13-19. https://doi.org/10.1177/00472395221112599
Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif. Jurnal Alhadharah, Vol.17 (33), 81-95. https://jurnal.uinantasari.ac.id/index.php/alhadharah/article/view/2374/169 1
Salim, T. A. (2020). Implementasi Personal Assistant Library Service (PALS) dalam meningkatkan layanan referensi di perpustakaan perguruan tinggi. Berkala Ilmu Perpustakaan dan Informasi, Vol 16 (1), 44-54. https://scholar.ui.ac.id/en/publications/implementasi-personal-assistantlibrary-service-pals-dalam-mening
Sidiq, U., & Choiri, M. M. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif di Bidang Pendidikan. Ponorogo: Nata Karya.
Sihaan, H. (2018). Persepsi Mahasiswa Terhadap Layanan dan Koleksi Referensi pada Perpustakaan Universitas HKBP Nommenesen Medan. Journal.Net Library and Information, 12-18. http://e-journal.sarimutiara.ac.id/index.php/jnli/article/download/270/276/
Sistarina, A. (2020). Implementasi Literasi Informasi Sebagai Upaya Perpustakaan Universitas Airlangga Menmdukung Tri Dharma Perguruan Tinggi. Jurnal Perpustakaan Universitas Airlangga, Vol.10 (2), 104-115 https://ejournal.unair.ac.id/JPERPUS/article/download/23431/13095
Sitohang, H. T. (2018, Maret ). Sistem Informasi Pengangendaan Surat Berbasis Web Pada Pengadilan Tinggi Medan. Journal Of Informatic Pelita Nusantara, Vol.3 (1), 6-9. https://e-jurnal.pelitanusantara.ac.id/index.php/JIPN/article/view/276
Sulistyo-Basuki. (2018). Kamus Ilmu Perpustakaan dan Sains Informasi. Jakarta: Sagung Seto.
Supriyanto, W., & Iswandari, R. (2017). Kecenderungan Sivitas Akademika dalam Memilih sumber Referensi untuk Penyusunan Karya Tulis Ilmiah di Perguruan Tinggi. Berkala Ilmu Perpustakaan dan Informasi, Vol 19 (1), 79-86. https://journal.ugm.ac.id/bip/article/view/2607
Susilowati. (2021). Layanan Referensi Virtual sebagai Strategi Pelayanan di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Perpustakaan dan Kearsipan, Vol 1 (2), 60-66. https://journal.isi.ac.id/index.php/JAP/article/view/6009/2352
Suwandi, S. (2018). Pemebelajaran Bahasa Indonesia yang Mencerdaskan dan Tanggung Jawab Menghasilkan Generasi Literat. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol 13 (2), 1-17. https://journal.uniku.ac.id/index.php/FON/article/view/1562/1152
Wijetunge, P., & U. P. Alahakoon. (2009). Empowering 8: the Information Literacy model developed in Sri Lanka to underpin changing education paradigms of Sri Lanka.1. Sri Lankan Journal of Librarianship and Information Management, 1 (1), 31=41. https://sllim.sljol.info/articles/10.4038/sllim.v1i1.430
Yunita, I., & Parangu, R. A. (2023). Layanan Readers Advisory dalam Mewujudkan Layanan Referensi yang Prima pada Perpustakaan. Jurnal Perpustakaan dan Ilmu Informasi, Vol 4 (1), 71-86. https://www.researchgate.net/publication/367057330_layanan_readers'_advisory_dalam_mewujudkan_layanan_referensi_yang_prima_pada_perpustakaan
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Journal Net. Library and Information
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.