HUBUNGAN MINAT BELAJAR DENGAN KENAKALAN REMAJA KELAS XII DI SMK TI PABAKU STABAT

Authors

  • Sinarsi Meliala Program Studi Psikologi, Fakultas Farmasi dan Ilmu Kesehatan Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Siska Dwi Ningsih Program Studi Psikologi, Fakultas Farmasi dan Ilmu Kesehatan Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Sri Ramadhani Program Studi Psikologi, Fakultas Farmasi dan Ilmu Kesehatan Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Syahri Putra Banurea Program Studi Psikologi, Fakultas Farmasi dan Ilmu Kesehatan Universitas Sari Mutiara Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51544/psikologi.v4i1.3321

Keywords:

Learning Interest, Juvenile Delinquency, Skipping School, SMK Pabaku Stabat

Abstract

Panca Baku Abdi (PABAKU) Stabat Private Vocational School, which is located at Jl. Pringgodani No. 813, Karangrejo, Stabat District, Langkat Regency, North Sumatra. With the status of ownership of the foundation, and accredited B. is shaded by the principal, Mrs. Sri Ramadhani and Mrs. Susi Linawati as the operator, with a learning schedule that is held in the morning.PABAKU Stabat Private Vocational School consists of 8 classes, and is divided into 3 majors, namely; Light Vehicle Engineering (TKR), Computer Network Engineering (TKJ), and Office Administration (ADP).This type of research is a quantitative research with a number of subjects of 80 students, selected by purposive sampling, from the subject data collected using a scale of interest in learning and juvenile delinquency. The results showed that the correlation value was -0.259 (P> 0.05), the linear value was 0.122 (P> 0.05). This means the results of the study are linear. The data were analyzed using the nonparametic correlation analysis technique and the results obtained were r = -0.259 and a significance value of 0> (0.05), this states that the relationship between learning interest and juvenile delinquency is accepted which means that Ha is accepted and H0 is rejected. Thus, there is a relationship between interest in learning and juvenile delinquency.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anitiara. 2016. Pengurangan perilaku membolos di sekolah dengan Menggunaan konseling kelompok pada siswa kelas VII SMP NegeriKotabumi Tahun Ajaran 2015/2016 Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Bandar Lampung.

Afriyani Nurul. 2015. Penanggulangan kenakalan remaja menurut Konsep kartini kartono ditinjau dari perspektif pendidikan agama Islam. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Universitas Negeri Walisongo.

Bayu M Saputro, dkk. 2012. Hubungan antara komformitas terhadapTeman sebaya dengan kecenderungan kenakalan remaja.Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Vol. 10No.1.

Diana Rachmy, dkk. 2017. Kecenderungan kenakalan remaja ditinjau dariKekuatan karatkter dari persepsi komunikasi empatik orang tua Program Studi Psikologi Fakultas Ilmu sosial danHumaniora UIN Sunan Kalijaga. Vol. 5 No.1.

Fauziah amni,dkk. 2017. Hubungan antara motivasi belajar dengan minat Belajar siswa kelas IV SDN Poris Gaga DS Kota Tanggerag Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar UniversitasMuhammadiyah Tanggerang. Jurnal JPSD Vol. 4 No.1.

Fatimah Siti, Umuri Towil. 2014. Faktor-faktor penyebab kenakalan Remaja di desa Kembang Kecamatan Tanjung Sari Kab. GunungKidul. Prodi PPKn FKIP Universitas Ahmad Dahlan. Vol. No.1.

Feronita Lusiana. 2015. Hubungan antar kenakalan remaja, minat belajar,Dan motivasi belajar dengan hasil belajar matematika siswa Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Univesitas SarjanaWiyata Taman siswa.

Janesari Olivia. 2009. Persepsi remaja tentang penyebab perilaku remajaFakultas Psikologi Universitas Sanata Dharma.

Khaerunisa A. Ayu. 2012. Meningkatkan minat belajar siswa dalam Membuat hiasan pada busana (Embordery head Together)di SMKKarya Rini Yogyakarta Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.

Lusiaa Rosaline. 2020. Hubungan inat belajar dengan hasil belajarPada pembelajaran Sosiologi Pada kelas XII IPS di SMAN 5 Padang. Universitas Negeri Padang. Vol. 1 No.3.

Maulia Dewi, dkk. 2015. Pengarh gaya belajar dan minat belajar terhadap Prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IIS diSMA Negeri 7 Surakarta Program studi Pendidikan EkonomiFKIP Universitas Sebelas Maret.

Minarni. 2014. Minat belajar terhadap hasil belajar siswa padaPembelajaran Akuntansi di kelas XI IPS Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjung Pura Pontianak.

Oktawati Winda. 2017. Kenakalan remaja di Desa Sungai Paku Studi KasusDi SMP 4 KamparKabupaten Kampar Fakultas Ilmu SosialDan Ilmu Politik Univeristas Riau Kampus Bina Widya Pekan Baru. Jom Fisip Vol. 4 No.2.

Riamah, Zuriana Eka. 2018. Faktor-faktor yang mempengaruhi kenakalanRemaja. Akademi Keperawatan Dharma Husada Pekan BaruMenara Ilmu. Vol XII No. 11.

Rozikin Slamet,dkk. 2018. Hubungan minat belajar siswa dengan prestasiBelajar siswa pada mata pelajaran kimia di SMA Negeri 1 Tebat Karai dan SMA Negeri 1 Kabupaten Kepahiang Program Studi Pendidikan Kimia Jurusan PMIPA FKIP Universitas Bengkulu.

Syifaunmu D Amelia,dkk. 2016. Kecenderungan kenakalan remaja ditinjau Dari kekutan karakter dan persepsi komuikasi empatik orang Tua.

Triwiyanto Uut. 2015. Studi kasus tentang penyebab kenakalan remaja Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Downloads

Published

2021-06-30