HUBUNGAN ANTARA SELF-EFFICACY DENGAN MOTIVASI BELAJAR DI SMA DARUL FATTAH BANDAR LAMPUNG

Authors

  • Setriani Setriani Program Studi Psikologi, Universitas Muhammadiyah Lampung
  • Meti Puspitasari Program Studi Psikologi, Universitas Muhammadiyah Lampung

DOI:

https://doi.org/10.51544/psikologi.v3i2.1532

Keywords:

Self Efficacy, Motivasi Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan antara Self Efficacy dengan Motivasi Belajar pada Siswa SMA Darul Fattah Bandar Lampung. Hipotesis yang diajukan adalah ada hubungan antara self efficacy dengan motivasi belajar. Variabel independent dalam penelitian ini adalah  self efficacy dan variabel dependen dalam penelitian ini adalah motivasi belajar. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan Teknik korelasi Product Moment dari Pearson. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 59 orang dari Siswa SMA Darul Fattah Bandar lampung. Hasil korelasi menunjukkan bahwa secara umum ada hubungan yang signifikan antara self efficacy dengan motivasi belajar, hal ini ditunjukkan dari hasil koefisien korelasi r = 0,717 dengan nilai signifikansi P=0,000. Dimana semakin tinggi self efficacy maka semakin tinggi pula motivasi belajar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bandura,A. (1977). Self-Efficacy. Toward a Unifying Theory of Behavioral Change. Psychologi Review, 84, 191-215.

Deci,E.L.,&Ryan,R.M.(2000).The “what” and “why” of goalpursuits: Human needs and theself-determination of behavior.Psychological Inquiry, 11,227–268.

Dimyati dan Mudjiono. (1999). Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah. 2011. Psikologi Belajar-Edisi Revisi II. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Feist, J. & Gregory J. Feist. (2010) Teori Kepribadian (Edisi ketujuh). Jakarta: Penerbit Salemba.

Humanika Nelson, R. M., & DeBracker, T. K. (2008). Achievement motivationinadolescents: therole of peer climate and best friends. The Journal of Experimental Education,76,170 –189.

A.M,Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta. PT.Raja Grafindo Persada.

Dale H. Schunk (1991) Self-Efficacyand Academic Motivation, Educational Psychologist, 26:3-4,207-231, DOI:10.1080/00461520.1991.9653133

Downloads

Published

2020-12-03