Intervensi Pemberian Edukasi 5R Pada Pekerja Pembangunan Rusunami DP 0 Rupiah PT Yodya Karya Cilangkap

Main Article Content

Sahuri
Husen
Yunita S
Aprita Dwy Jayani P

Abstract

Proyek konstruksi merupakan kegiatan yang bertujuan untuk mendirikan suatu bangunan yang membutuhkan sumber daya, biaya, tenaga kerja, material dan peralatan. Perusahaan konstruksi sering kali memandang sebelah mata tempat kerja sebagai saranan untuk menciptakan penghasilan. Terkadang perusahaan yang sedang berkembang sering kali kurang memperhatikan hal-hal yang mendasar ini juga dapat mempengaruhi terhadap kualitas dan produktifitas pada perusahaan. Perusahaan dikatakan baik apabila membuat area kerja berjalan lebih terorganisir. Untuk menciptakan lingkungan yang bersih, rapi, aman dan nyaman sesuai dengan Peraturan Menteri Perburuhan Nomor 7 Tahun 1964, maka pemeliharaan ketatarumahtanggan yang baik perlu diterapkan ditempat kerja. Salah satu usaha untuk menerapkan housekeeping yang baik adalah penerapan program 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, dan Rajin) di tempat kerja. Tujuan penelitian untuk mengetahui program edukasi 5R pada pekerja di PT Yodya Karya Proyek Pembangunan Rusunami DP 0 Rupiah Cilangkap, Jakarta. Metode dalam penelitian ini adalah metode kualitatif  deskriptif melalui observasi dan wawancara yang mendalam dengan informan. Seluruh pekerja proyek yang berjumlah 4 orang menjadi informan dalam penelitian ini. Interview dan observasi dilakukan oleh peneliti sebelum dan setelah pemberian intervensi edukasi 5R kepada para informan. Data yang diperoleh dari wawancara kemudian dianalisis dengan metode triangulasi dan pembandingan. Penelitian ini menemukan terjadi peningkatan pemahaman dan kepatuhan informan dalam penerapan 5R di proyek. Disarankan kepada pemilik proyek untuk memberikan edukasi 5R secara berkesinambungan dan pengawasan penerapan 5R di lokasi proyek.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Sahuri, Husen, S, Y., & Jayani P, A. D. (2022). Intervensi Pemberian Edukasi 5R Pada Pekerja Pembangunan Rusunami DP 0 Rupiah PT Yodya Karya Cilangkap. JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT DAN LINGKUNGAN HIDUP, 7(2), 139–152. https://doi.org/10.51544/jkmlh.v7i2.3456
Section
Artikel

References

Ade S. (Maret, 2021). Jumlah Kecelakaan Kerja di Indonesia Masih Relatif Tinggi. Diakses melalui https://kemnaker.go.id/news/detail/kemnaker-ajak-asean-oshnet-tekan-kecelakaan-kerja-di-sektor-konstruksi

Anggoro, A. (2019). Hubungan Faktor Individu dengan Penerapan Kebijakan 5R pada pekerja Proyek LRT Jatimulya Tahun 2019 (Doctoral dissertation, Universitas Binawan).

Aurora, S. K., & Suryani, F. (2022). Penerapan Sistem Manajemen K3 Pada Proyek Mth 27 Office Suites Cawang. IKRA-ITH TEKNOLOGI: Jurnal Sains & Teknologi, 6(2), 18-27.

Denny, H. M., & Kurniawan, B. (2017). Analisis Upaya Pencegahan dan Pengendalian Kecelakaan Kerja Pada Sebuah Pabrik Semen di Tuban. Jurnal Kesehatan Masyarakat (Undip), 3(3), 285-295.

Depkes RI. (2021). Keperawatan Kesehatan dan Komunitas.

Jahja, K. (2009). Seri Budaya Unggulan 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin). Jakarta: Penerbit PPM.

Kasali, R. (2010). Myelin: Membuat Usaha Menjadi Besar, Berkelanjutan, Tangguh dan Inovativ. Mobilisasi Intangible menjadi Kekuatan Perubahan. Jakarta: PT Gramedia.

Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia. (2021). Kemnaker Ajak ASEAN-OSHNET Tekan Kecelakaan Kerja di Sektor Konstruksi. Diakses melalui https://kemnaker.go.id/news/detail/kemnaker-ajak-asean-oshnet-tekan-kecelakaan-kerja-di-sektor-konstruksi.

Ramli, S. (2009). Pedoman Praktis Manajemen Resiko dalam Perspektif K3OHS Risk Management. Jakarta: PT.Dian Rakyat.

Ramli S. (2010). Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja OHSAS 18001. Jakarta: Dian Rakyat.

SafetySign.co.id. (September, 2016). Good Housekeeping Bisa Tingkatkan Produktivitas Dan Keselamatan Kerja, Benarkah? Diakses melalui https://safetysign.co.id/news/253/Good-Housekeeping-Bisa-Tingkatkan-Produktivitas-dan-Keselamatan-Kerja-Benarkah.

Satya, R, R, D., Sinambela, S., Maulana, I., Nurdeni. (2022). Penyuluhan Budaya 5r Dan Kesehatan Keselamatan Kerja Di Pt. Tunggal Indotama Abadi. Jurnal Pengabdian dan Peningkatan Mutu Masyarakat, 3(2), 105-115.

Setyanto, G. E. (2015). Analisis Kebijakan Perusahaan Dan Partisipasi Tenaga Kerja Pada Bagian Produksi Terhadap Penerapan 5R Pt. Maritim Barito Perkasa. The Indonesian Journal of Occupational Safety and Health, 4(1), 74-82.

Soeharto I. (1999). Manajemen Proyek : Dari Konseptual Sampai Operasional. Jakarta: Erlangga.

Tarwaka, S., & Sudiajeng, L. (2004). Ergonomi untuk keselamatan, kesehatan kerja dan produktivitas: Surakarta: Uniba Press.