Efektifitas Penggunaan Teknologi Early Warning Scoring Sytem (EWSS) Dalam Keperawatan

Main Article Content

Endang Sudjiati
Rr. Tutik Sri Hariyati

Abstract

Latar Belakang Teknologi pada pelayanan kesehatan memberi informasi dan mendukung keputusan klinis terhadap semua tenaga kesehatan profesional dalam memberikan asuhan kepada pasien. Inovasi teknologi dan informasi sangat diperlukan untuk meningkatkan response time dalam mengambil keputusan terkait penilaian perburukan kondisi pasien. D Top of Form Bottom of Form dengan perkembangan teknologi informasi penggunaan early warning scoring system  (EWSS) mencegah lebih cepat terhadap pemantauan  tanda-tanda awal perburukan kondisi klinis pasien pada unit keperawatan. Penggunaan early warning scoring System (EWSS) disertai oleh protokol yang dirancang untuk memastikan peringatan ditangani oleh perawat dengan tepat waktu dan tepat. Artikel ini mempresentasikan sebuah literature riveuw  yang akan mengeksplorasi efektifitas penggunaan  early warning scorig  system (EWSS) oleh praktisi keperawatan.


 Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan  PICO (population, intervention, comparison, outcome) yang merupakan bagian dari Literatur Review. Pertanyaan yang digunakan adalah,  apakah penggunaan tehnologi EWSS oleh perawat efektif dalam praktik asuhan keperawatan dan   meningkatkan pengetahuan dan keterampilan. Penulisan ini menggunakan literature review yang diambil dari Science Direct, Proquest, Scopus, Ebsco, dan Scholar Articles dengan beberapa kata kunci. 


 Hasil Penelitian dengan literature review ini menunjukkan bahwa penggunaan EWSS dalam praktik keperawatan efektif dan efisien. Pada beberapa penelitian diantaranya Kathleen A et al.,(2019) (49), Advanced technology leads to earlier intervention for clinical deterioration on medical/surgical units) ada penurunan yang signifikan (p <0,001) pada waktu yang ditetapkan pasien dengan skor risiko yang lebih tinggi untuk penilaian kembali setelah peringatan EWSS yang disempurnakan.


 Kesimpulan Penggunan teknologi informasi meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan perawat dalam melakukan praktik keperawatan. Penggunaan perangkat early warning scoring system (EWSS) tidak mengurangi kualitas pelayanan yang diberikan. Dengan penerapan teknologi informasi  early warning scoring system (EWSS) mengurangi beban kerja perawat, menurunkan angka mortalitas dan membuat manfaat bagi organisasi rumah sakit


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Sudjiati, E., & Hariyati, R. T. S. (2019). Efektifitas Penggunaan Teknologi Early Warning Scoring Sytem (EWSS) Dalam Keperawatan. JURNAL ONLINE KEPERAWATAN INDONESIA, 2(2), 34–39. Retrieved from http://e-journal.sari-mutiara.ac.id/index.php/Keperawatan/article/view/892
Section
Articles