GAMBARAN TELUR CACING TAMBANG PADA TINJA MASYARAKAT YANG BERUSIA 30-40 TAHUN DI DESA ALUE CANANG KECAMATAN BIRUEN BAYEUN KABUPATEN ACEH

Main Article Content

Maniur Arianto Siahaan
Eka Margaretha Sinaga
Apriska Dewi Sipayung

Abstract

Infeksi telur cacing merupakan salah satu masalah kesehatan bagi masyarakat dunia. Sebagian besar terinfeksi kecacingan terjadi di daerah tropis dengan kelembaban tinggi, terutama menginfeksi masyarakat dengan kebersihan diri dan sanitasi yang kurang. Di indonesia prevalensi kecacingan masih tinggi diantaranya 60%-90% tergantung pada sanitasi lingkungan. Cacing tambang termasuk ke dalam golongan Nematoda Usus. Nematoda Usus berhabitat di saluran pencernaan manusia dan hewan. Tujuan penelitian untuk menganalisis adanya telur cacing tambang pada tinja masyarakat yang berusia 30-40 tahun di Desa Alue Canang, Kecamatan Bireun Bayeun, Kabupaten Aceh Timur. Jenis penelitian bersifat deskriptif dan pemeriksaan laboratorium dilakukan dengan metode flotasi (NaCl 40%). Hasil pemeriksaan tinja petani dengan jumlah sampel 15 orang masyarakat yang berusia 30-40 tahun ditemukan adanya infeksi telur cacing tambang sebanyak 4 orang (26%), dan 11 orang (74%) tidak ditemukan adanya infeksi telur cacing tambang.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Ali, A. R., 2007. Penyakit Cacing pada Anak SD di Poliwali Mandar Tahun 2006-2007, Jurnal UPT Sistem Informasi Kesehatan, Poliwali Mandar, Hal 2-3

Aritonang, E. (2018). Analisa Telur Cacing Tambang Pada Tinja Petani Kebun Sayur Usia 35-60 Tahun Di Desa Saribudolok Kecamatan Silima Kuta Kabupaten Simalungun.JURNAL ANALIS LABORATORIUM MEDIK, 3(1).

Bedah, S & Syafitri, A. 2018. Infeksi Kecacingan Pada Anak Usia 8-14 TahuN di RW 007 Tanjung Lengkong Kelurahan BidaraCina, Jatinegara, Jakarta Timur. JURNAL ILMIAH KESEHATAN.

TahuN di RW 007 Tanjung Lengkong Kelurahan Bidara Cina, Jatinegara, Jakarta Timur. JURNAL ILMIAH KESEHATAN.

Gandahusada, 2008. Parasitologi Kedokteran. Penerbit Balai Penerbit Fakultas Kedokteran UI, Jakarta.

Laily, N. 2018. Analisa Kontaminasi Telur Nematoda Usus Golongan Soil Transmitted Helminths (STH) Pada Sampel Pasir di Pantai Daerah Tanjung Kabupaten Sampang. Universitas Muhammadiyah Surabaya.

Marcelina, V. E. 2020. Gambaran pemeriksaan mikroskopis telur cacing pada kuku anak sdn 11 lubuk buaya padang tahun 2020. Universitas Perintis Indonesia.

Nugroho, F. A. 2021. Analisis Telur Cacing Trichuris Trichiurapada Daun Kemangi (Studi di Pasar PON Jombang, Kabupaten Jombang). STIKes ICME Jombang.

Nuhamda, Y. 2020. Perbedaan hasil pemeriksaan telur cacing soil transmitted helminths sebelum dan sesudah pemberian obat cacing pada murid sdn 06 pasir jambak.Universitas Perintis Indonesia.

Sihombing, J. R., & Gultom, E. 2018. Analisa telur cacing ascaris lumbricoides pada faeces anak usia 4-6 tahun di tk nurul hasanah walbarokah â¬(nhw) marelan tahun 2018.JURNAL ANALIS LABORATORIUM MEDIK, 3(1).

Widarti, W. 2018. Identifikasi telur nematoda usus pada kol (Brassica oleraceae) di pasar tradisional kota Makassar. Jurnal Media Analis Kesehatan, 9(1).