PEMBUATAN TESTER BORAX MENGGUNAKAN EKSTRAK KUNYIT DAN FENOFTALEIN SEBAGAI INDIKATOR

Main Article Content

Denny Akbar Tanjung

Abstract

Perubahan warna dari hasil reaksi ekstrak kunyit dengan asam borax menghasilkan warna kuning menjadi merah bata dan reaksi fenoptalein dengan asam borax menghasilkan perubahan warna dari putih menjadi merah muda atau pink menjadi dasar dalam pembuatan tester borax. Jika terjadi perubahan disinyalir adanya kandungan borax pada sampel. Tester ini nantinya dapat digunakan sebagai alat untuk mendeteksi adanya kandungan asam borax pada makanan atau minuman. Pada pembuatan tester ini dibubuhkan 2 Indikator sekaligus  untuk memperkuat hasil deteksi. Membran yang digunakan adalah Tepung tapioka yang berfungsi  sebagai media membran untuk menyimpan zat dan sekaligus mempertahankan warna jika digunakan dalam jangka waktu yang lama. Karena bentuknya yang simpel tester ini dapat dijadikan deteksi awal kandungan asam borax pada makanan dan minuman.


Kata Kunci : Tester, Indikator, Ekstrak Kunyit, Fenoftalein, Asam Boraks.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Anggun, Cahyaning., W. 2012. Budidaya Tanaman Kunyit (Curcuma domestica Val) dan Khasiatnya sebagai obat Tradisional Di PT. Indmira Citra Tani Nusantara. Sleman, Yogyakarta. Universitas Sebelas Maret.

Aprilia, V., Paratmanitya, Y. 2016. Kandungan Bahan tambahan Pangan Berbahaya pada Makanan Jajanan Anak Sekolah Dasar Di Kabupaten Bantul. Jurnal Gizi dan Dietik Indonesia Vol. 4, No. 1.

Cahyadi, Wisnu. 2009. Bahan Tambahan Pangan. Bumi Aksara. Jakarta.

Fadilah. 2006. Identifikasi Kandungan Bahan Tambahan Makanan (BTM) pada makanan Jajanan Anak SDN Kompleks Kota Palopo Tahun 2006. Skripsi. Universitas Hasanuddin. Makasar.

Fuad, Nur Rohimah. 2004. Identifikasi Kandungan Borax Pada Tahu Pasar Tradisional Di Daerah Ciputat. Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan. UIN Syarif Hidayatullah. Jakarta.

Nasution, Anisyah. 2009. Analisa Kandungan Borax pada Lontong di kelurahan Padang Bulan Kota Medan Tahun 2009. Skripsi. Medan Universitas Sumatera Utara.

Petrucci, Harwood. 2007. Kimia Dasar Prinsip-prinsip & Aplikasi Modern, Erlangga. Jakarta.