PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INOVATIF MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PENGAJARAN TERMOKIMIA

Main Article Content

Erdiana Gultom

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bahan ajar inovatif dan interaktif yang terintegrasi dengan pendekatan ilmiah dan melibatkan teknologi informasi berbasis web. Jenis penelitian ini, termasuk penelitian dan pengembangan (penelitian dan pengembangan). Subyek adalah materi pengajaran termokimia. Sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 20 siswa. Pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Hasil analisis kimia bahan ajar umum adalah bahan ajar cukup valid, namun perlu dikembangkan dari berbagai aspek. Bahan ajar yang telah dikembangkan divalidasi oleh expert validator. Penilaian dilakukan berdasarkan kuesioner standar BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan). Berdasarkan data penelitian yang diperoleh rata-rata 23 responden berpendapat bahwa terdiri dari 3 dosen dan 20 siswa pada kualitas bahan ajar yang dikembangkan 3.49 yang menjadi kriteria penggunaan sarana pengajaran yang sangat valid sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Elaborasi rata-rata keseluruhan responden terhadap kualitas bahan ajar yang dikembangkan adalah rata-rata hasil penilaian dosen Kimia Umum sebesar 3,66 dan hasil penilaian rata-rata siswa Pendidikan kimia yaitu sebesar 3,31.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Arends, R. I. 2008. Learning To Teach. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Arikunto, S.. 2002. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Penerbit Rineka Cipta. Jakarta.

Brown, S.D. 2010. A Process Oriented Guided Inquiry Approach to Teaching Medicinal Chemistry. Journal of Pharmaceutical Education.

Dunham, M. W. 2012. The Use of Virtual Laboratories and Other Web-based Tools in a Drug Assay Course. American Journal of Pharmaceutical Education.

Hutabalian, T. 2014. Pengembangan Buku Ajar Kimia Inovatif Kelas X SMA Semester I Sesuai Kurikulum 2013. Tesis Program Pasca Sarjana, Universitas Negeri Medan.

Joice, B., Weil, M., dan Chalhoun, M. 2009. Models Of Teaching. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Juntunen, M., Aksela, M. 2013. Life-Cycle Analysis and Inquiry-Based Learning In Chemistry Teaching. Science Education International. 24(2).

Lang, A.S., Bradley, J.C. 2009. Chemistry in Second Life, Chemistry Central Journal, 3(14).

Miswanda, S. S. 2010. Pengaruh Penggunaan Metode Previw, Question, Read, Summarize, and Test Melalui Pendekatan contextual Teaching and Learning Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. 4 (1).

Nasution, Y. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PBL) dengan Media Berbasis Komputer Untuk meningkatkan Hasil Belajar dan Karakter Rasa Ingin Tahu Serta Menghargai Prestasi Siswa Pada Materi Asam Basa. Tesis Program Pasca Sarjana. Universitas Negeri Medan. Medan.

Parker, L. L., Loudon, G.M. 2013. Case Using Online Homework in Undergraduate Organic Chemistry Results and Student Attitudes. Journal of Chemical Education.

Simatupang, N. 2013. Pengembangan Buku Ajar Kimia Inovatif Untuk SMA/MA Kelas X Semester II. Tesis Program Pasca Sarjana. Universitas Negeri Medan. Medan.

Siregar, E.J., Silaban, R., dan Mahmud. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Bermediakan Internet Terhadap Hasil Belajar Dan Karakter Jubermadita Pada Materi Asam Basa Siswa Sma Di Kota Binjai. Jurnal Pendidikan Kimia, 6 (1).

Situmorang, M. 2010. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Untuk Mata Pelajaran Kimia. Universitas Negeri Medan. Medan.

Situmorang, M., dkk. 2011. The Affectivity Of Innovated Chemistry Learning Methods To Increase Student’s Achievement In Teaching Of Solubility And Solubility Product. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan. 17 (1).

Sweeder, R.D. Jeffery, K.A. 2013. A Comprehensive General Chemistry Demonstration. Journal of Chemical Education.

Tosun, C., TaÅŸkesenligil, Y. 2011. The Effect of Problem based learning on Student Motivation Towards Chemistry Classes and on Learning Strategies. Journal of Turkish Science Education 9(1).

Xu, H., Talanquer, V. 2013. Effect of The Level of Inquiry of Lab Experiments on General Chemistry Students’ Written Reflections. Journal of Chemical Education.

Xu, H., Talanquer, V. 2013. Effect of The Level of Inquiry on Student Interactions in Chemistry Laboratories. Journal of Chemical Education.