PENGETAHUAN IBU TENTANG KANKER PAYUDARA DENGAN TINDAKAN SADARI

Main Article Content

Ribka Nova Sartika Sembiring

Abstract

Kanker merupakan salah satu penyakit yang menjadi mimpi buruk setiap orang, tidak terKecamatanuali perempuan.Salah satunya adalah kanker payudara yang berkembang dari sel kanker yang berasal dari jaringan payudara.Jutaan wanita meninggal akibat terserang kanker payudara. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Hubungan pengetahuan Ibu tentang kanker payudara dengan tindakan SADARI di  Kelurahan Setia Negara Kecamatan Siantar Sitalasari Kota Pematangsiantar. Jenis penelitian ini adalah analitik yang menggunakan pendekatan Cross sectional.Sampel seluruh ibu masa intervaldi Di Kelurahan Setia Negara Kecamatan Siantar Sitalasari Kota Pematangsiantar berjumlah 60 orang.Data primer diperoleh dari kuesioner. Hasil penelitian dianalisis menggunakan analisis univariat dan analisis bivariat dengan uji chi square dengan kemaknaan p<0.05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan ibu tentang kanker payudara mayoritas berpengetahuan baik sebanyak 23 orang (38.3%), pengetahuan ibu tentang SADARI mayoritas berpengetahuan baik sebanyak 36 orang (60%), tindakan SADARI yang dilakukan ibu mayoritas baik sebanyak 39 orang (65%). Berdasarkan uji statistik terdapat hubungan pengetahuan ibu tentang kanker payudara dan SADARI dengan tindakan SADARI. Saran bagi ibu-ibu di Di Kelurahan Setia Negara Kecamatan Siantar Sitalasari Kota Pematangsiantardiharapkan lebih peduli memeriksakan payudara sendiri secara rutin agar terhindar dari kanker payudara dan bila ada tanda dan gejala lain yang mencurigakan segera berkonsultasi kepada dokter

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Artikel

References

AN, Charisma, Dkk. 2013. “The Correlation Between Knowledge and Behavior Toward Breast Self- Examination (BSE) in Woman of Childbearing Age at The Integrated Service Post (POSYANDU) of Kampung Baru Village of Labuhan Ratu SubDistrict of Bandar Lampung City in Year 2013.”
Angrainy, Rizka. 2017. “Hubungan Pengetahuan, Sikap Tentang SADARI Dalam Mendeteksi Dini Kanker Payudara Pada Remaja.” Journal Endurance.
Ayu, Shinta Arini dan Rilyani. 2016. “Pengaruh Penyuluhan Kesehatan Terhadap Keterampilan Remaja Putri Dalam Melakukan Sadari Sebagai Upaya Deteksi Dini Kanker Payudara Di SMA Kartikatama Metro Tahun 2016.” Jurnal Kesehatan Holistik (The Journal of Holistic Healthcare) Volume 10,:1–4.
Globocan. 2012. “Estimated Cancer Incidence, Mortality, Prevalence and Disabilityadjusted Life Years (DALYs) Worldwide in 2008.” IARC Cancer Base No. 11.
Hamba, Ria Anggara. 2016. “Hubungan Tingkat Pengetahuan Dengan Perilaku Pemeriksaan Payudara Sendiri (Sadari) Pada Wanita Usia Subur (Wus).” Dinamika Kesehatan.Stikes Sari Mulia.
Kartikawati. 2013. Awas!!! Bahaya Kanker Payudara & Kanker Serviks. Bandung: Buku Baru.
Kementrian Kesehatan RI. 2015. Infodatin: Situasi Penyakit Kanker. Jakarta.
Kementrian Kesehatan RI. 2019. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 34 Tahun 2015 Tentang Penanggulangan Kanker Payudara Dan Kanker Leher Rahim. Indonesia.
Nisman, WA. 2011. Lima Menit Kenali Payudara Anda. Jogyakarta: C.V Andi Offset.
Notoatmojo, S. 2010. Promosi Kesehatan Teori Dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Obalase, Adegboro. 2017. “Breast Self Examination Of Women in Nigeria.” Retrieved (https://doi.org).
Purwastuti, Endang. 2008. Kanker Payudara Pencegah Deteksi Dini. Yogyakarta: Kanisius.
WHO. 2015. World Cancer Report. France: International Agency for Research on Cancer.