HUBUNGAN STRESS DAN BERAT BADAN DENGAN SIKLUS MENSTRUASI MAHASISWI TINGKAT I PROGRAM STUDI KEBIDANAN PEMATANGSIANTAR

Main Article Content

Sri Hernawati Sirait

Abstract

Salah satu penyeban gangguan siklus menstruasi pada wanita adalah faktor stres, merupakan fenomena universal dimana setiap orang mengalaminya yang berdampak pada fisik, sosial, emosi, intelektual dan spiritual. Pada mahasiswa yang menghadapi atau menjalani perkuliahan yang terlalu padat, praktek klinik, yang sangat melelahkan, tugas yang banyak merupakan faktor pemicu stres sehingga menyebabkan siklus menstruasi menjadi tidak teratur. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan stress dan berat badan dengan siklus menstruasi mahasiswi tingkat I Prodi Kebidanan Pematangsiantar. Penelitian ini merupakan penelitian dengan jenis Explanatory Research, dengan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan cross sectional. Lokasi penelitian ini dilakukan di Prodi Kebidanan Pematangsiantar. Populasi adalah semua mahasiswa tingkat I Prodi Kebidanan Pematangsiantar sebanyak 98 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, pengukuran berat badan dan tinggi badan. Instrumen penelitian berupa kuesioner DASS 42. Analisa data univariat  untuk melihat distribusi frekwensi dari masing-maasing variabel, analisis bivariat menggunakan uji chi square dengan tingkat kepercayaan a= 0,05. Mayoritas responden mengalami stress sedang yaitu sebanyak 45 orang (45,9%); mayoritas IMT responden normal sebanyak 78 orang (79,6%); mayoritas mengalami siklus menstruasi tidak teratur sebanyak 69 orang (70,4%). Terdapat hubungan antara stres dengan siklus menstruasi yaitu sebanyak 69 orang (70,4%), dengan nilai  (p<0,0001). Terdapat hubungan antara berat badan dengan siklus menstruasi yaitu sebanyak 69 orang (70,4%),dengan nilai  (p=0,014). Bagi mahasiswa agar memotivasi diri tentang pentingnya pengetahuan mengenai stres dan bagaimana penanganannya perlu diketahui, dengan harapan dapat menyikapi stres dengan baik

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Artikel

References

Ali, Asrosi, 2012. Psikologi Remaja. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Apriani, 2014. Analisis Faktor yang Berhubungan dengan Respon Psikologis Mahasiswa Fisioterapi Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin. Skripsi. Tidak dipublikasikan. Makassar : Universitas Hasanuddin.
Carolin, 2011. Gambaran Tingkat Stres Pada Mahasiswa Pendidikan Sarjana Kedokteran Sripsi. Tidak dipublikasikan. Medan : Universitas Sumatera Utara.
Dewi K., 2013. Buku Ajar Kesehatan Reproduksi dan KeluargaBerencana untuk Mahasiswa Bidan. Jakarta, CV. Trans Info Medika.
Dini K, 2009, Solusi Problem Wanita Dewasa.Jakarta. EGC.
Harlock, 2012. Perkembangan Anak, Jilid 2. Jakarta : Erlangga.
Hawari, Dadang, 2012. Manajemen Stres Cemas dan Depresi. Jakarta : FKUI.
Isnaeni N,2010. Hubungan Antara Stres Dengan Pola Menstruasi Pada Mahasiswa D IV Kebidanan Jalur Reguler Universitas Sebelas Maret Surakarta. Tidak dipublikasikan. Surakarta : Universitas Sebelas Maret.
Kusmiran, 2014. Kesehatan Reproduksi Remaja dan Wanita. Bandung. Salemba Medika.
Manuaba, dkk, 2012, Memahami Kesehatan Reproduksi Wanita. Jakarta, EGC
Notoatmodjo, 2012. Metodology penelitian, Jakarta : Redika Cipta.
Prawihardjo S, 2014. Ilmu Kebidanan. Jakarta : Bina Pustaka.
Sarwono, S. 2013, Psikologi Remaja. Jakarta, PT. Rajagrafindo Persada.
Sibagariang.E, Pusmaika, Rangga dan Rismalinda, 2010, Kesehatan Reproduksi Wanita. Jakarta. Trans Info Media
Sriati, 2008. Tinjauan tentang stres. Fakultas Ilmu Keperawatan Padjajaran. Jatinangor.
Verawaty, dkk, 2011. Merawat dan Menjaga Kesehatan Seksual Wanita. Bandung : PT Grafindo Medika Pratama.
Wahyuni S, 2010. Hubungan antara Stres Dengan Gangguan Siklus Menstruasi Pada Mahasiswa Semester 1 D3 Kebidanan Stikes Aisyiyah Yogyakarta. Tidak dipublikasikan. Yokyakarta : Stikes Aisyiyah.
Wiknjosastro, 2010. Kesehatan Reproduksi Remaja dan Wanita. Bandung. Salemba Medika