HUBUNGAN PENGETAHUAN PERAWAT TENTANG PASIEN TIRAH BARING YANG TERLALU LAMA DENGAN KEJADIAN DEKUBITUS DI RSU ARTHA MEDICA BINJAI TAHUN 2020

Main Article Content

Irma Handayani

Abstract

Manusia menjalani hampir sebagian hidupnya di tempat tidur. Pada umumnya tinggal di tempat tidur tidak menimbulkan masalah justru akan timbul masalah jika manusia tidak cukup istirahat (istirahat malam). Selama tidur manusia membangun kembali energinya. Masalah akan timbul jika seseorang yang sedang menderita penyakit terlalu lama beristirahat di tempat tidur. Berdasarkan pengalaman peneliti pada saat melakukan survey di RSU Artha Medica Binjai Tahun 2020, masih ada pasien tirah baring yang mengalami dekubitus. Hal ini dikarenakan tingginya beban perawat, sementara pasien tirah baring sangat ketergantungan dengan perawat, oleh karna itu pengetahuan seorang perawat dalam mencegah terjadinya kejadian dekubitus sangat penting tentang pergantian posisi saat berbaring di tempat tidur, dari 55 perawat. Berdasarkan  dari hasil penelitian kepada perawat  yang dilakukan di RSU Artha Medica Binjai Tahun 2020 didapati ada hubungan antara tingkat pengetahuan perawat tentang pasien tirah baring dengan kejadian dekubitus (0,000 < 0,05) dengan besar korelasi antar variabel adalah 0,000 berarti Ho ditolak Ha diterima. Hal ini membuktikan bahwa hubungan antar tingkat pengetahuan perawat tentang pasien tirah baring dengan kejadian dekubitus memiliki tingkat pengetahuan yang positif.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Artikel

References

Agustina, H. 2009. Perawatan Luka Modern. Jurnal keperawatan unpad.
Arikunto. 2011. Prosedur Penelitian. Jakarta : PT. Rineka.
Arisanty, I. P. 2013. Konsep Dasar Manajemen Perawatan Luka. Jakarta:
EGC.
Astuty, Srindya, 2010. Back Rub For Tirah Baring, http://srinindya- astuty.blogspot.com/2010/. Diakses Tanggal 10 April 2011.
Baranoski, S, dan Ayello E. A, (2008). Wond Care Essential. Wond treatment option (3th ed). Philadephia Lippincott Williams & Wilkins.
Faswita, W. 2017. Hubungan Pengetahuan Pasien Tirah Baring Yang TerlaluLama Dengan Kejadian Dekubitus. Jurnal Riset Hesti Medan.
Martini, 2014. Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam, Interna Publising, Jakarta.
Morison, M.J., 2008. Manajemen Luka, EGC, Jakarta.
Mutia, L. 2013. Profil Penderita Ulkus Dekubitus Yang Menjalani Tirah Baring. JOM FK VOL 2 Oktober 2015.
Notoadmojo. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan . Jakarta : Rineka Cipta.
Potter PA, Perry AG. Clinical companion for fundamental of nursing. Canada: Elsevier Inc; 2010: 88.
Rudini, D. 2015. Efektifitas Cubin Jackson Dalam Mengkaji Risiko Dekubitus Pada Pasien ICU, Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi.
Setiyawan, 2008. Hubungan Tingkat Pengetahuan, Sikap Dengan Perilaku Dalam Upaya Pencegahan Dekubitus, Diakses tanggal 10 April 2011.
Situmorang, T. 2014. Hubungan Pengetahuan Pasien Tirah Baring Dengan
Kejadian Dekubitus. Jurnal keperawatan STIKes Flora Medan..
Suriadi, 2007. Perawatan Luka, Edisi Pertama, Sagung Seto, Jakarta.
Stevens, P. J. M., Bordui, F., Meer, W.E., Van, Der, Almekinders, G. I., Weyde, J.A.G. Van, Der, 2010. Ilmu Keperawatan, Edisi Kedua, EGC, Jakarta.