http://e-journal.sari-mutiara.ac.id/index.php/JMT/issue/feed JURNAL MUTIARA PENDIDIKAN INDONESIA 2024-02-15T02:31:07+00:00 Mery Silalahi fakultas.pendidikan@gmail.com Open Journal Systems <p style="text-align: justify;">Jurnal ini berisi tentang penelitian-penelitian dalam bidang pendidikan Anak Usia Dini, Sekolah Dasar, Dan Menengah. Hasil penelitian ini ditulis oleh berbagai akademisi pendidikan dari seluruh Indonesia yang mengkaji tentang strategi belajar,pendekatan dan model pembelajaran, psikologi pendidikan, pendidikan dan perilaku seks pada anak,media pembelajaran dan dampak implementasi kurikulum. Diharapkan jurnal ini dapat menjadi wadah bagi peneliti di bidang pendidikan untuk memperkaya kajian penelitian khususnya di bidang pendidikan.</p> <p style="text-align: justify;">ISSN: <strong><a title="ISSN" href="http://u.lipi.go.id/1471338305" target="_blank" rel="noopener">2541-0253</a></strong> (media online)</p> http://e-journal.sari-mutiara.ac.id/index.php/JMT/article/view/4498 PENGEMBANGAN DIRI BERPIKIR KRITIS, KREATIF, DAN INOVATIF BAGI SISWA-SISWI DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SD KATOLIK BUDI MURNI 6 MEDAN 2023-11-01T05:14:07+00:00 Eka Margareta Sinaga eka_margaret@yahoo.com Apriska Dewi Sipayung dewisipayung23@gmail.com <p>Indonesia menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang produktif, kreatif, inovatif, agar mampu bersaing dalam perkembangan zaman yang semakin maju. Kesejahteraan suatu negara bergantung kondisi masyarakatnya yang dikatakan bahwa peningkatan mutu pendidikan suatu bangsa dapat berbanding lurus dengan budaya berpikir masyarkatnya, diantaranya yaitu budaya berpikir tingkat tinggi. Berpikir kritis dalam pembelajaran IPA bukan hanya tentang mencerna informasi, tetapi juga tentang mengembangkan keterampilan, sikap, dan pemahaman yang diperlukan untuk menjadi individu yang sukses, baik dalam pendidikan maupun dalam karier dan kehidupan sehari-hari. Metodologi penelitian deskriptif kualitatif adalah pendekatan penelitian yang umumnya digunakan untuk menggambarkan fenomena-fenomena yang bersifat alamiah atau yang telah direkayasa manusia secara rinci dan mendalam. Hasil dari penelitian deskriptif kualitatif ini dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang pelaksanaan kurikulum 2013, termasuk potensi masalah atau tantangan yang mungkin dihadapi dalam implementasinya.Peningkatan literasi sains seseorang secara langsung dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi seseorang.</p> 2023-12-19T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Eka Margareta Sinaga, Apriska Dewi Sipayung http://e-journal.sari-mutiara.ac.id/index.php/JMT/article/view/4632 KONTRIBUSI FUNGSI OTAK TENGAH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR ANAK 2023-12-13T05:36:37+00:00 Yason Mendrofa yasonmen270@gmail.com R.L. Holmes Parhusip holmesphsp720@gmail.com Heryanto azisheryanto64@gmail.com Hartono Sembring ono366@gmail.com <p>Otak adalah salah satu organ tubuh yang sangat penting dalam kehidupan manusia, tentu tidak secara kebetulan bahwa otak seakan dilindungi oleh tulang kepala. Kerusakan yang terjadi mungkin akibat benturan dan gangguan lain akan mempengaruhi sistem berpikir secara normal. Otak manusia walaupun memiliki satu tempat, namun secara ilmiah dan fungsinya dapat dibagi dalam beberapa bagian yakni otak besar, otak kecil, otak kiri dan otak kanan yang diantarai oleh otak tengah. Melalui tulisan ini, penulis menguraikan pemahaman tentang kontribusi otak tengah yang tidak kalah penting dari bagian otak yang lain, termasuk dalam meningkatkan prestasi belajar anak.</p> 2023-12-19T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Yason Mendrofa, R.L. Holmes Parhusip, Heryanto, Hartono Sembring http://e-journal.sari-mutiara.ac.id/index.php/JMT/article/view/4723 PEMANFAATAN METODE CIRC UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS ARTIKEL DALAM MENDUKUNG MAHASISWA YANG BERINTELEKTUAL, BERKARAKTER DAN BERDAYA SAING 2024-02-15T02:31:07+00:00 Kesya Nirma Lumbantobing kesyanirmatobing@gmail.com Sri Wida Harahap sriwidaharahap@gmail.com Berkat Hamonangan Panjaitan hamonanganberkat@gmail.com <p>Penelitian ini berjudul pemanfaatan metode CIRC untuk meningkatkan keterampilan menulis artikel dalam mendukung mahasiswa yang berintelektual, berkarakter dan berdaya saing. Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui tingkat efektivitas metode CIRC terhadap keterampilan menulis artikel ilmiah dalam mendukung mahasiswa yang berintelektual, berkarakter dan berdaya saing, serta sekedar sebagai referensi bagi para pembicara serta memberikan manfaat bagi Sekolah Tinggi Ilmu Kesejahteraan (STIKes) Binalita Sudama Medan khususnya dan masyarakat secara keseluruhan. Penelitian ini merupakan semacam Penelitian Tindakan Kelas, dimana penelitian ini merupakan penelitian yang dapat menawarkan cara dan metode baru untuk meningkatkan dan memperluas keterampilan mengesankan guru dalam mendidik dan mengembangkan pengalaman. Penelitian ini diperuntukkan bagi mahasiswa Sekolah Ilmu Kesehatan Binalita Sudama. Pengumpulan data dilakukan melalui metode memberikan teks menulis pada mahasiswa yang diteliti. Analisis data penelitian dilakukan melalui proses evaluasi yang berulang- ulang yang terdiri atas empat tahap penting yang saling berkaitan dan konsisten, yakni 1) penyusunan, 2) pelaksanaan (acting), persepsi (noticing), 4) refleksi (reflecting).</p> 2023-12-19T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Kesya Nirma Lumbantobing, Sri Wida Harahap, Berkat Hamonangan Panjaitan