HUBUNGAN REWARD AND PUNISHMENT OLEH GURU PAK DAN PERHATIAN ORANG TUA DENGAN MOTIVASI BELAJAR PAK SISWA

Main Article Content

Diana Martiani Situmeang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hubungan  reward dan punishment oleh guru PAK dengan motivasi belajar siswa, (2) hubungan perhatian orang tua dengan motivasi belajar PAK siswa, (3) hubungan reward and punishment dan perhatian orang tua secara bersama-sama dengan motivasi belajar PAK siswa. Tehnik yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, dengan jumlah populasi 163 Siswa dengan jumlah sampel 49 Siswa yang diambil dengan menggunakan teknik acak proposional berstrata. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah angket dan dengan menggunakan uji hipotesis korelasi ganda. Berdasarkan pengujian hipotesis, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan: (1) reward and punishment dengan motivasi belajar dengan rhitung> rtabel yaitu (0.43 > 0.28) dan thitung > ttabel yaitu (3.24> 2.00), (2) perhatian orang tua dengan motivasi belajar dengan rhitung> rtabel yaitu (0.44 > 0.28) dan thitung > ttabel yaitu (3.36> 2.00), (3) reward and punishment dan perhatian orang tua dengan motivasi belajar dengan  rhitung = 0.53, dan uji signifikan  diperoleh nilai Fh > Ft yaitu (8.98 > 3.19) maka koefisien korelasi ganda yang diuji adalah signifikan sehingga dapat diberlakukan dimana sampel diambil.


Kata Kunci : Reward and Punishment, Perhatian Orang Tua, Motivasi Belajar PAK.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Situmeang, D. M. (2019). HUBUNGAN REWARD AND PUNISHMENT OLEH GURU PAK DAN PERHATIAN ORANG TUA DENGAN MOTIVASI BELAJAR PAK SISWA. JURNAL MUTIARA PENDIDIKAN INDONESIA, 3(1), 71–81. https://doi.org/10.51544/mutiarapendidik.v3i1.756
Section
Artikel