PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 RANTO DIOR KAB. ACEH TENGGARA
DOI:
https://doi.org/10.51544/mutiarapendidik.v7i1.2867Keywords:
Model Pembelajaran Time Token, Keterampilan BerbicaraAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran time token terhadap keterampilan berbicara siswa kelas IV SD Negeri 1 Ranto Dior Kab. Aceh Tenggara. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan pendekatan eksperimen. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 1 Ranto Dior. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Ranto Dior yang berjumlah 15 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 15 orang dengan menggunakan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan uji prasyarat yakni menggunakan nilai normalitas dan homogenitas serta analisis statistik dengan menggunakan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa ada pengaruh model pembelajaran time token (X) terhadap keterampilan berbicara siswa (Y) kelas IV SD Negeri 1 Ranto Dior Kecamatan Deleng Pokhkisen Kabupaten Aceh Tenggara, dibuktikan dengan hasil uji hipotesis yang diperoleh thitung>ttabel atau 5,586 > 0,514. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran time token terhadap keterampilan berbicara siswa IV SD Negeri 1 Ranto Dior Kabupaten Aceh Tenggara.
Downloads
References
Asnita & Ummul Khair. Penerapan Model Pembelajaran Time Token untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa. Estetik Jurnal Bahasa Indonesia. Vol. 3, no. 1, tahun 2020
Cahyani, I. 2009. Bahasa Indonesia. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Islam Departemen Agama Republik Indonesia.
Carolina, Yo. 2001. Strategi Guru dalam Mengajarkan Keterampilan Berbicara pada Siswa SLTP di Singaraja. Skripsi. (Tidak diterbitkan). IKIP N Singaraja.
Darmawan, D. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
Dewi,R, dkk., Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Time Token Terhadap Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar IPA siswa SD Kelas VI, ejournal, vol. 2, tahun 2015
Hamdani. 2011 .Dasar-Dasar Kependidikan, Bandung:CV Pustaka Setia
Harsiati, T. 2013. Bahasa dan Sastra Indonesia SMA/MA Kelas XI. Jakarta : Bumi Aksara.
Huda, M. 2013. Model-model pengajaran dan pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka
Laksono. 2003. Pengertian dan Hakikat. Jakarta: Media Pustaka
Mulyana, D. 2001. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosda Karya
Nawawi, dkk. 2017. Keterampilan Berbicara : Sebagai suatu keterampilan berbahasa. Jakarta : Uhamka Press
Nurgiyantoro, B. 2016. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta : Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM
Rohani, A. 1997. Media intruksional Edukatif. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Santosa, P. 2008. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta: Universitas Terbuka
Shoimin, A. 2016. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta :Ar-Ruzz Media
Suprijono, A. 2013. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Suhana, C. 2014. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: TPT Refika Aditama
Tarigan, H. 1990. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa
Winataputra, U. 1987. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Waterhouse
Undang-Undang R.I Nomor 20 Tahun 2003, Tentang Sisdiknas dan Praturan Pemerintah R.I Tahun 2013. (2014). Bandung: Citra Umbara