UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF NARASI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARANCONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL)PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR

Authors

  • Umi Arlini Ramayanti Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Maria Friska Nainggolan Universitas Sari Mutiara Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51544/mutiarapendidik.v3i2.1038

Keywords:

Writing skills narrative,, Contextual Teaching and Learning (CTL)

Abstract

This study aims to improve the skills of narrative writing through Contextual Teaching and Learning (CTL) learning class III SD Swasta Bakti Luhur. The type of this research is Classroom Action Research (PTK). This research is conducted two cycles that each cycle consists of planning, action, observation, and reflection. The subjects of the study were the fourth grade students of SD Swasta Bakti Luhur, which amounted to 33 students. Data collection techniques used observation, documentation, and test. The results showed that the skills of students in writing paragraph narrative have increased. Percentage of students writing skill score of first cycle was 36,36%. And Percentage of student writing skill score of second cycle was 90,90 %.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Citra Verawati Hutabarat.Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kontekstual Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Menulis Laporan Pengamatan Kelas V di MIS Qoriah Fadillah
file:///E:/skripsi%20umi/jurnal%20umi/SKRIPSI.pdf (diakses pada hari selasa tanggal 15 Januari 2019 pada waktu 16:58 WIB)

Dalman, H. (2012). Keterampilan Menulis. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Kosasih, E. (2012). Dasar-Dasar Ketrampilan Menulis.Bandung : Yrama Widya.
Margono, (2004).Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta:Rineka Cipta.
File.upi.edu.direktori.BBM 5.pdf (diakses pada hari rabu tanggal 17 Juli 2019 pada waktu 23:09 WIB)

Saur Tampubolon. (2014). Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta : Erlangga.

Siti Tri kuntari.(2009). PeningkatanKemampuan Menulis Puisi Melalui Contextual Teaching and Learning ( CTL ) Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Klego.
file:///E:/skripsi%20umi/jurnal%20umi/jurnal%20keterampilan%20menulis%20puisi%20menggunakan%20ctl.pdf (diakses pada hari selasa tanggal 15 Januari 2019 pada waktu 16:55 WIB)

Sumiati, Asra. (2016). Metode Pembelajaran.Bandung : CV. Wacana Prima.

Tangguh Amandiri. Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Melalui Pendekatan CTL (Contextual TeachingAnd Learning) Pada Siswa Kelas V SDN Banyumeneng Giriharjo Pamggang Gunungkidul.
file:///E:/skripsi%20umi/jurnal%20umi/jurnal%20kangan%20deskripsi%20menggunakan%20pendekatan%20ctl.pdf (diakses pada hari selasa tanggal 15 Januari 2019 pada waktu 16:48 WIB)

Trianto, (2009).Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif.Jakarta : Kharisma Putra Utama.

Downloads

Published

2018-08-20

How to Cite

Ramayanti, U. A., & Nainggolan, M. F. (2018). UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF NARASI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARANCONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL)PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR. JURNAL MUTIARA PENDIDIKAN INDONESIA, 3(2), 27–34. https://doi.org/10.51544/mutiarapendidik.v3i2.1038

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>