http://e-journal.sari-mutiara.ac.id/index.php/JMM/issue/feed JURNAL MUTIARA MANAJEMEN 2024-06-10T01:25:54+00:00 Muhammad Rasyid Ridlo rasyidridlo28@gmail.com Open Journal Systems <p>Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Sari Mutiara Indonesia berupaya untuk memaparkan pemikiran kritis maupun hasil penelitian yang berpijak kepada eksistensi Ilmu Manajemen menghadapi dinamika ekonomi, bisnis, pemerintah, politik, sosial dan budaya. Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Sari Mutiara Indonesia terbit 1 edisi selama satu tahun. Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Sari Mutiara mencoba menjadi sarana publikasi pemikiran dosen dan praktisi untuk berbagi ilmu pengetahuan khususnya di bidang Ilmu Manajemen</p> <p style="text-align: justify;"><strong>eISSN:&nbsp;<a title="eISSN" href="http://u.lipi.go.id/1487664422">2579-759X</a>&nbsp;(media online)</strong></p> http://e-journal.sari-mutiara.ac.id/index.php/JMM/article/view/4754 Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Cafe Violet di Kota Ternate) 2024-03-25T03:47:30+00:00 Wiwin Suryani wiwinsuryani021@gmail.com Laela azhalyataniajaffa@gmail.com Ririn Damayanti ririndamayanti@gmail.com <p><em>Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi dampak Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen. Melalui metode analisis regresi pada data survei dari responden</em><em> dan bantuan alat analisis software SPSS 29. P</em><em>enelitian ini menunjukkan temuan yang signifikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa</em><em>: </em><em>Kualitas Produk tidak memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen</em><em>; </em><em>Kualitas Pelayanan memiliki dampak positif dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen, menyoroti peran penting pelayanan dalam menciptakan kepuasan pelanggan</em><em>; V</em><em>ariabel Harga juga terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen, menunjukkan bahwa aspek harga memainkan peran penting dalam persepsi konsumen terhadap kepuasan. Pentingnya faktor-faktor ini diperkuat oleh temuan bahwa Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Harga bersama-sama memiliki dampak positif dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen.</em> <em>Penelitian ini memberikan wawasan yang berharga bagi pelaku bisnis dalam mengelola dan meningkatkan kepuasan konsumen. Menyadari bahwa Kualitas Pelayanan dan Harga memiliki dampak yang lebih signifikan daripada Kualitas Produk, perusahaan dapat memfokuskan upaya mereka untuk meningkatkan aspek-aspek ini guna memperkuat hubungan dengan konsumen dan meningkatkan kepuasan pelanggan secara keseluruhan.</em></p> 2024-06-10T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Wiwin Suryani, Laela, Ririn Damayanti http://e-journal.sari-mutiara.ac.id/index.php/JMM/article/view/5012 Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Dosen Lima PTS Pematangsiantar 2024-06-10T01:25:54+00:00 Eva Solita Pasaribu eva.solita.pasaribu@gmail.com Elisabet Tambunan elisabet.tambunan19@gmail.com Mery Lani Purba melanielavina@gmail.com Feberman Hulu febermanhulu@gmail.com Krisman Lase lasekrisman4@gmail.com <p>Tujuan dilakukannya penelitian: (1) membangun model kinerja dosen berdasarkan hubungan kausal asosiatif variabel eksogenus dengan variabel endogenus, (2) mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap komitmen organisasi, (3) mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap kinerja dosen, (4) mengetahui pengaruh komitmen organisasi terhadap kinerja dosen. Penelitian dilakukan pada Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Kota Pematangsiantar, melibatkan 146 dosen sebagai responden. Data yang dikumpulkan menggunakan kuesioner dengan lima pilihan jawaban. Teknik sampling menggunakan proporsional random sampling. Terlebih dahulu dilakukan uji instrumen bagi responden di luar sampel agar instrumen sahih dan reliabel. Uji validitas menggunakan korelasi <em>Product Moment</em>, dan uji reliabilitasnya dengan formula <em>Alpha </em>dari <em>Cronbac</em>. Sebelum dilakukan pengujian hipotesis, terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis meliputi: uji normalitas data dan uji linieritas regresi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) diperoleh model kinerja dosen, (2) kecerdasan emosional berpengaruh langsung positif terhadap komitmen organisasi sebesar 14,1%, (3) kecerdasan emosional berpengaruh langsung positif terhadap kinerja dosen sebesar 3,2%, (4) komitmen organisasi berpengaruh langsung positif terhadap kinerja dosen sebesar 8,5%.</p> 2024-06-10T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Eva Solita Pasaribu, Elisabet Tambunan, Mery Lani Purba, Feberman Hulu, Krisman Lase