PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSANPEMBELIAN HP MEREK VIVO PADA STUDI KASUS MAHASISWA PRODI MANAJEMEN UNIVERSITAS SARI MUTIARA INDONESIA

Authors

  • Marupa Siregar Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Yurlina Hulu Universitas Sari Mutiara Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51544/jmm.v7i2.5285

Keywords:

Kualitas Produk, Harga dan Keputusan Pembelian

Abstract

Pengambilan keputusan pembelian di pengaruhi oleh faktor eksternal dan internal yang dimana faktor eksternal merupakan masukkan informasi bagi konsumen yang berasal dari usaha-usaha pemasaran yang dilakukan perusahaan seperti produk, harga, pelayanan, lokasi, promosi.  Dalam penelitian ini dilakukann dengan tujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian smartphone vivo.Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif kuantitatif dengan membagikankuesioner kepada 70 responden mahasiswa prodi manajemen universitas sari mutiara indonesia yang di analisis dengan regresi linear berganda, teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan probability sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kualitas produk (X1) berpengaruh positif signifikan terhadap variabel harga (X2) berpengaruh positif signifikan terhadap variabel keputusan pembelian (Y). Dapat disimpulkan bahwa pengaruh dari setiap variabel secara simultan dapat dilihat dinilai Fhitung (97,784) > Ftabel (2,17) atau sig.sebesar 0,000<0,01. Data diolah secara statistik dengan menggunakan alat bantu program SPSS 24.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andri, Irda, Y. M. (2016). Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda. 10(2), 10–17.

Arianto, N. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 3(2), 12.

Destarini, F., & Prambudi, B. (2020). Pengaruh Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen 212 Mart Condet Batu Ampar. Jurnal Ekobis : Ekonomi Bisnis & Manajemen, 10(1), 58–66.

Fandy Tjiptono (2008:25) dalam Ekawati, R. (2013). ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA BLACKBERRY MELALUI ATRIBUT PRODUK. Jurnal Indonesia Membangun, 12(1), 1-12.

Hartati, B. (2021). Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Produk Cosmetics Jafra Pada Pt . Jafra Cosmetics Indonesia. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 10(01), 123–137.

Jasmalinda. (2021). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Motor Yahama Di Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(10), 5.

Kotler & Amstrong, (2012), Marketing Mix.Bauran Pemasaran.digilib.unpas.ac.id,kajian pustaka,kerangka pemikiran dan hipotesis.

Kotler&Firdaus, I. (2016:18). Pengaruh Inovasi Produk, Daya Tarik Iklan dan Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Cafe Dengan Menu Unik.

Kotler Dan Amstrong ( 2012:278) dalam Korowa, E., Sumayku, S., & Asaloei, S. (2018). Pengaruh kelengkapan produk dan harga terhadap pembelian ulang konsumen (studi kasus Freshmart Bahu Manado). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 6(003).

Kotler (dalam Silalahi, 2020: 12) Pengaruh Kualitas Produk Dan Minat Beli Terhadap Keputusan Pembelian.

Philip Kotler ( 2012:132) Pengaruh harga dan inovasi produk terhadap minat beli hp oppo.

Pratono, Yogas, M. (2018). Pengaruh Inovasi Produk, Harga dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Produk Handphone Samsung.

Septiani, S., & Prambudi, B. (2021). Septiani and Prambudi/ JOURNAL OF MANAGEMENT (SME’s), Vol.14, No.2, 2021, p153-168. Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Oppo, 14(2), 153–168.

Sugiyono, P. D. (2016). Metode Penelitian (ke-19). Penerbit Alfabeta. www.cvalabeta.com.

Sugiyono, P. (2012:115). Metode Penelitian Bisnis (ke-17). Penerbit Alfabeta. www.cvalabeta.com.

Sunardi, P. N., Sari, P. R., Cahyani, R., Sarjana, M., Studi, P., Bhayangkara, U., Raya, J., Sarjana, M., Studi, P., Bhayangkara, U., Raya, J., Sarjana, M., Studi, P., Bhayangkara, U., Raya, J., Beli, M., & Pembelian, K. (2022). DETERMINASI KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI MINAT BELI : 3(3), 302–315.

Tarigan, R. J. (2020). Pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian online dishopee pada mahasiswa universitas muhammadiyah sumatra utara. Maret, 135.

Tjiptono dalam Silalahi,(2020:11).Pengaruh kualitas produk dan minat beli terhadap keputusan pembelian.

Tjiptono (2006:51)Pradana, D., Hudayah, S., & Rahmawati, R. (2018). Pengaruh harga kualitas produk dan citra merek BRAND IMAGE terhadap keputusan pembelian motor. Kinerja, 14(1), 16-23.

Tjiptono (2016:22) dalam Wicaksono, K. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Lokasi Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Angkringan Akropi Rawasari) (Doctoral dissertation, Sekolah Tinggi Ekonomi Indonesia Jakarta).

Yang, K., Di, T., Efek, B., Periode, I., Simanjuntak, O. D. P., Syaghputra, H. E., & Purba, R. R. (2021). Jurnal TEKESNOS Vol 3 No 1, Mei 2021. 3(1), 1–10.

Yayan. (2019). Pengaruh kualitas produk, harga dan lokasi terhadap keputusan pembelian di toko hepi fashions branded cikarang pusat bekasi. 1–19. https://ecampus.pelitabangsa.ac.id/

www.sari-mutiara.ac.id

Downloads

Published

2022-12-23

Most read articles by the same author(s)