Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kinerja Karyawan Terhadap Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit Umum Yoshua Lubuk Pakam Tahun 2022

Authors

  • Andika Tampubolon Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Elisabet Tambunan Universitas Sari Mutiara Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51544/jmm.v8i2.5284

Keywords:

Kualitas pelayanan, Kinerja karyawan dan Kepuasan Pasien

Abstract

Kesehatan merupakan salah satu aspek terpenting dalam kehidupan manusia, dan setiap individu memiliki berbagai cara untuk mencapainya. Banyak dari kita memilih untuk berobat di rumah sakit dengan harapan mendapatkan perawatan terbaik. Pandemi Covid-19 telah menyebabkan persaingan yang ketat di sektor kesehatan. Rumah sakit yang ingin berkembang dan meraih keunggulan kompetitif harus menyediakan layanan berkualitas tinggi serta memastikan kinerja karyawan yang kompeten untuk menjaga kepuasan pasien. Kualitas layanan dan kinerja karyawan ini sangat berpengaruh terhadap kepuasan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara kualitas layanan dan kinerja karyawan terhadap kepuasan pasien di Rumah Sakit Yoshua Lubuk Pakam. Penelitian dilakukan dengan metode deskriptif kuantitatif melalui pembagian kuesioner kepada 37 responden dari Rumah Sakit Yoshua Lubuk Pakam, yang dianalisis menggunakan regresi linear berganda. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas layanan (X1) memiliki pengaruh positif signifikan terhadap variabel kepuasan pasien (Y), begitu pula dengan variabel kinerja karyawan (X2) yang juga berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pasien (Y). Kesimpulannya, pengaruh dari setiap variabel secara simultan dapat dilihat dari nilai Fhitung 30,056 > Ftabel 3,275 dan nilai Sig sebesar 0,000 < 0,05. Data diolah secara statistik menggunakan SPSS.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alma, B. (2019). Manajemen Pemasaran & Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabet.

Raja Ali Haji(2018). Jurnal Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi UniversitasMaritim Raja Ali Haji Tanjungpinang.

Mulyapradana, A., Anjarini, A. D., & Harnoto, H. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan di PT. Tempo Cabang Tegal. Jesya (Ekonomi Syariah), 3(1), 26-38.

Kumarawati, N. M. R., Suparta, G., & Yasa, P. N. S. (2017). Pengaruh MotivasiTerhadap Disiplin dan Kinerja Pegawai Pada Sekretariat Daerah Kota Denpasar. l Ekonomi & Bisnis JAGADITHA, 4(2), 63-75.

Usfa, J. A. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Pembelian Obat dan Pemilihan Lokasi Terhadap Minat Beli Konsumen Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Konsumen Apotek Arroz Farma 24 Pringsewu) (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Kurniawati, (2017)Lisa. Pengaruh Kepemilikan Saham, Pertumbuhan Aset, Good Corporate Governance (GCG) terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Intervening.. PhD Thesis. UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945 SURABAYA.

Tuhumena, F. M., Kojo, C. K. C., & Worang, F. G. (2017). Pengaruh pelatihan dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan pada PT. Pegadaian (PERSERO) Kantor Wilayah V Manado. Jurnal EMBA: l Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 5(2).

SULISTIONO, F. D. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan relationship marketing Terhadap kepuasan pelangan pada PT.PLN(PERSERO) unit layanan penggan Cianjur Kota:Manajemen Pemasaran. Jurnal Mahasiswa Manajemen, 1(1), 27-46.

Indrasari,Meithiana(2019).PEMASARAN DAN KEPUASAN PELANGGAN: pemasaran dan kepuasan pelanggan. Unitomo Press.

Pratama, A. (2020). Pengaruh Kompensasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Pos Indonesia DC Ciputat. Jurnal Disrupsi Bisnis, 3(2), 146- 158.

Jacobis, R. (2017). Faktor –Faktor Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Kepuasaan Pasien Rawat Inap Peserta JAMKESMA Di BLU RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou Manado. Jurna Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akutansi, 1(4), 619-629. Dari https://ejournal.unsrat.ac.id/.../2742.pdf (08 Agustus 2018)

Bahuddin dalam buku Pkl Mpk (2020:50) kualitas pelayanan merupakan setiap usaha menolong atau membantu orang lain dalam menyelesaikan masalahnya,baik materi maupun non materi.Jakarta

Kumarawati, N. M. R., Suparta, G., & Yasa, P. N. S. (2017). indikatior kinerja Kualitas, Kuantitas, Pelaksanaan Tugas, Tanggung Jawab.Universitas riau

Albert Kurniawan (2017 : 102 ) uji Reliabilitas merupakan indeks yang menunjukan sejauh mana alat pengukur dapat dipercaya.jakarta

Fandy Tjiptono(2017) terdapat lima faktor yang dapatMempengaruhi kepuasan.Jurnal Manajemen

Downloads

Published

2023-12-19

Most read articles by the same author(s)