Pengaruh Kualitas Produk Dan Pelayanan Karyawan Terhadap Loyalitas Konsumen Berbelanja Dapur Online (Studi Kasus Pada Belanja Dapur Online)

Authors

  • Elisabeth Tambunan Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Adilman Putra Baene Universitas Sari Mutiara Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51544/jmm.v8i1.5283

Keywords:

Kualitas Produk, Pelayanan Karyawan, Loyalitas Konsumen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi apakah variabel kualitas produk dan pelayanan karyawan memiliki dampak terhadap loyalitas konsumen yang berbelanja di dapur online. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan target populasi konsumen yang berbelanja di dapur online. Sebanyak 96 responden dijadikan sampel dalam penelitian ini. Analisis yang digunakan adalah analisis linear berganda, di mana analisis regresi digunakan untuk memperkirakan nilai variabel Y berdasarkan nilai variabel X, serta memperkirakan perubahan variabel Y untuk setiap perubahan satuan pada variabel X. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan program SPSS 25 untuk menganalisis hubungan kausalitas dalam model pengujian data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan: 1) Kualitas produk memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen; 2) Pelayanan karyawan juga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen; 3) Kualitas produk dan pelayanan karyawan secara simultan mempengaruhi loyalitas konsumen.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2017). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, edisi.

Arikunto, S. (2017). Metode penelitian kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Menurut Assauri (2015: 211), Pengaruh kualitas dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan.

Ginting, P., & Situmorang, S. H. (2006). Filsafat Ilmu dan Metode Penelitian.

Griffin, J. (2003). Customer Loyalty. ESENSI.

Iqbal Hasan, M. (2005). Analisis Data Penelitian Dengan Statistik.

Jasfar, F. (2017). Kualitas jasa dan hubungannya dengan loyalitas Serta komitmen konsumen: studi pada pelanggan salon Kecantikan. Jurnal Siasat Bisnis, 1(7).

Johanes, Sem dan Rita ISSN 2303- 74 Vol.2 No.3 September 2018 Pengaruh kualitas produk, harga, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pengguna cafe dan resto cabana manado

Kotler, P. (2017). Kotler on marketing. Simon and Schuster.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2017). Prinsip-prinsip pemasaran (Vol. 12, No. 01). edisi.

Kotler, P. &Armstrong, G., (2017). Marketing: an introduction. Pearson Educación, 11.

Kuncoro, H. (2017). Unsur-unsur pelayanan konsumen. Simposium Nasional Akuntansi X, 1-29.

Nasution, M. T., Rossanty, Y., & Gio, P. U. (2016). Pengambilan Keputusan Persepsi Konsumen. Jurnal Ilmiah Vol, 2(2).

Menurut Oliver (2012:49) pengaruh kualitas pelayana terhadap loyalitas pelanggan

Oktaviani ramenusa issn 2303- 1174 vol.1 no.3 september 2013 Faktor-faktor Yang memengaruhi loyalitas pelanggan Pada penerbangan low cost carrier

Rachmawaty aroen, volume 1, No. 2, Januari 2020 p-ISSN : 2715 – 0127. Analisis pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan, kepercayaan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan (studi kasus pada pt nusantara surya sakti).

Royan, F. M. (2016. The smart marketer in cafe: strategi memaksimalkan penetrasi produk. Gramedia Pustaka Utama.

Sari, C. A. (2015). Perilaku berbelanja online di kalangan mahasiswi antropologi Universitas Airlangga (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS AIRLANGGA).

Sugiyono, A. (2021). Uji Kesahihan dan Keandalan Neck Disability Index Bahasa Indonesia untuk Pengukuran Disabilitas Pasien Nyeri Leher= Validity and Reliability of Indonesian Neck Disability Index for Measurement of Disability in Neck Pain Patient.

Sugiyono, P. D. (2017). Populasi dan sampel 80 Metode Penelitian Kuantitatif. Kualitatif dan R & D Go to reference in article.

Sugiyono, S. (2021). POPULASI DAN SAMPEL: Jurnal Sains, manajemen dan Akuntasi, 18(2), 178, 212-219.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Sutisna, M. F. (2018). Pengaruh E-Service Quality Terhadap E-Loyalty Pada Website Lazada. Co. Id Yang Dimediasi Oleh Variabel E-Satisfaction (Studi Pada Konsumen Lazada Indonesia) (Doctoral dissertation, Universitas Brawijaya).

Tjiptono, F. (2019). Strategi pemasaran.

Tjiptono, F. (2019). Perilaku Konsumen: Definisi, Domain, Determinan. Strategi Pemasaran Dalam Perspektif Perilaku Konsumen, 103.

Umar, H. (2017). Metode penelitian untuk skripsi dan tesis bisnis.

Downloads

Published

2023-06-21