PENGARUH DISIPLIN KERJA, MOTIVASI DAN PENGEMBANGAN KARIER TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN PADA PT. GAMBARA KREASI BERSAMA MEDAN

Authors

  • Gloria Cahaya Julida Hutabarat
  • Lenny Gurning

Keywords:

Motivasi, Disiplin Kerja, Pengembangan Karier, dan Prestasi Kerja

Abstract

Prestasi kerja merupakan sebuah hasil kerja yang dicapai seorang karyawan sesuai dengan standar perusahaan.. .Faktor yang mempengaruhi prestasi kerja, yaitu faktor individu dan faktor lingkungan.Untuk meningkatkan prestasi kerja karyawan, perusahaan perlu memperhatikan motivasi, disiplin kerja, dan pengembangan karier karyawan.

         Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh motivasi, disiplin kerja, dan pengembangan karier yang diberikan oleh PT. Gambara Kreasi Bersama Medan.  Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner, observasi, dan teknik dokumentasi. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif, dengan responden sebanyak 56 responden yang diambil secara proportional random sampling. Analisis data pada penelitian ini menggunakan bantuan SPSS Versi 20.0.

         Dari hasil penelitian pengujian secara simultan (uji t) menunjukkan thitung (4,321) > ttabel (1,675) membuktikan bahwa motivasi berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap prestasi kerja karyawan. thitung (5,139) > ttabel (1,675) membuktikan bahwa disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap prestasi kerja karyawan. thitung (2,286) > ttabel (1,675) membuktikan bahwa pengembangan karier berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap prestasi kerja karyawan. Uji F menunjukkan Fhitung (48,951) > Ftabel 2,78 membuktikan bahwa motivasi, disiplin kerja, dan pengembangan karier berpengaruh positif dan signifikan  secara simultan terhadap prestasi kerja karyawan.

         Dari hasil pembahasan, diperoleh persamaan regresi linear berganda adalah Y= 6,389 + 0,150 X1 + 0,222 X2 + 0,169 X3. Artinya, motivasi, disiplin kerja, dan pengembangan karier  berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap prestasi kerja pada PT. Gambara Kreasi Bersama.

          Koefisien Determinasi  sebesar 0,739 artinya prestasi kerja karyawan dapat dijelaskan  oleh motivasi, disiplin kerja, dan pengembangan kerja  sebesar 73,9% sedangkan 26,1% lagi dijelaskan oleh variabel lainnya yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2017-06-24