PENINGKATAN KEPUASAN KERJA MELALUI GAYA KEPEMIMPINAN DAN MOTIVASI KARYAWAN PADA PT.BPR PIJER PODI MEDAN

Authors

  • Eddy MM
  • Eddy Gunawan

Keywords:

Motivasi, Gaya Kepemimpinan, Kepuasan Kerja Karyawan

Abstract

Gaya kepemimpinan yang berorientasi pada hubungan manusia menampilkan gaya demokratis, yakni atasan selalu melibatkan bawahan dalam mengambil keputusan, bersedia melimpahkan wewenang kepada bawahan, prakarsa dapat bersumber dari pimpinan maupun bawahan, tanggung jawab keberhasilan organisasi dipikul bersama pimpinan dan bawahan.

Motivasi merupakan proses pemberian suatu daya penggerak sehingga tercipta kegairahan kerja agar mereka mau bekerjasama, bekerja efektif dan terintegrasi dengan segala daya upaya guna mencapai sesuatu yang diinginkan. Motivasi berkaitan dengan cara mengarahkan daya dan potensi karyawan , agar bekerja secara produktif untuk mencapai dan mewujudkan tujuan perusahaan.

   Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh motivasi dan gaya kepemimpinan terhadap kepuasan kerja karyawan.Responden yang digunakan dalampenelitian ini adalah  seluruh pegawai pada PT.BPR Pijer Podi Medan yang bertempat di Jln Kapten Purba Simalingkar no. 87 Medan. Dalam penelitian ini populasi yang digunakan adalah seluruh karyawan PT.BPR Pijer Podi Medan. Sampel  merupakan sebagian dari karakteristik yang dimiliki oleh populasi (Sugiyono:2005). Dalam penelitian ini sampel yang digunakan adalah metode sensus yaitu populasi sekaligus menjadi sampel penelitian. dikarenakan jumlah populasi karyawan pada PT.BPR Pijer Podi Medan relatif sedikit, 30 orang.

Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan analisis regresi linier berganda Pengaruh motivasi terhadap kepuasan kerja karyawan. Hasil analisis uji t untuk variabel motivasimenunjukkan nilai t sebesar 4,6 dengan signifikan 0,000 signifikan t lebih kecil dari 0.05 (P < 0,05). Hal ini berarti bahwa variabel motivasi secara parsial berpengaruh terhadap kepuasan kerja karyawan pada PT.BPR Pijer Podi Medan. Pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kepuasan kerja karyawan. Hasil analisis uji t untuk variabel gaya kepemimpinanmenunjukkan nilai t sebesar 1,11 dengan signifikansi sebesar 0,27 signifikan t lebih besar dari 0,05 (P > 0,05). Hal ini berarti bahwa variabel gaya kepemimpinan secara parsial tidak berpengaruh terhadap kepuasan kerja karyawan pada PT.BPR Pijer Podi Medan. Persamaan regresi linear bergandaadalah: Y= - 0,15 + 0,77 β1X1 + 0,206 β2X2. Nilai konstanta adalah -0,157 artinya jika variabel motivasi dan gaya kepemimpinan bernilai 0, maka tingkat kepuasan kerja karyawan minus sebesar -0,157 Nilaikoefisienmotivasisebesar 0.77 artinya jika motivasi naik 1 satuan maka peningkatkan kepuasan kerja karyawansebesar 0,77 .Nilai Koefisien gaya kepemimpinan sebesar 0,206 artinya jika gaya kepemimpinan naik 1 satuan maka peningkatkan kepuasan kerja karyawan sebesar 0,206

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2017-06-24