PENGARUH KOMPENSASI DAN KOMITMEN ORGANISASIONAL TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN PADA PT. EDP MULTI MEDAN

Authors

  • Bilson Pandiangan

Keywords:

Kompensasi, organisasional komitmen, prestasi kerja

Abstract

Kompensasi yang ditetapkan perusahaan harus mencerminkan upaya mempertahankan sumber daya manusianya dengan memperhatikan aspek kewajaran dan keadilan. Perusahaan yang memberikan kompensasi yang dirasa karyawan tidak wajar dan adil, akan menimbulkan kemungkinan terjadinya demonstrasi atau mogok kerja, sehingga aktivitas perusahaan berhenti, dan bila dibiarkan terjadi terus-menerus, maka tujuan perusahaan tidak tercapai. Akan tetapi, jika pemberian kompensasi dinilai wajar dan adil oleh karyawan, maka mereka lebih sungguh-sungguh dalam mengerjakan tugas-tugasnya sehingga prestasi kerjanya akan meningkat.

Menurut Sopiah (2008:156), “komitmen organisasional sebagai ikatan kejiwaan individu terhadap organisasi yang mencakup keterlibatan kerja, kesetiaan, dan perasaan percaya terhadap nilai-nilai organisasiâ€. Menurut Mathis dan Jackson (2007:64), “komitmen organisasional adalah tingkat kepercayaan dan penerimaan tenaga kerja terhadap tujuan organisasi dan berkeinginan untuk tetap ada di dalam organisasi yang tergambar dalam statistik ketidakhadiran dan masuk keluar tenaga kerja (turnover)â€.

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian kompensasi dan komitmen organisasional berpengaruh secara simultan dan signifikan terhadap prestasi kerja karyawan pada PT. EDP Multi Medan

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan penelitian korelasional dimana populasi penelitian adalah seluruh karyawan pada PT. EDP Multi Medan sebanyak 124 orang.

Hasil uji F, menunjukkan bahwa ada pengaruh pemberian kompensasi dan komitmen organisasional secara simultan dan signifikan terhadap prestasi kerja karyawan pada PT. EDP Multi Medan.  Hasil uji t, menunjukkan bahwa ada pengaruh pemberian kompensasi dan komitmen organisasional secara parsial dan signifikan terhadap prestasi kerja karyawan pada PT. EDP Multi Medan. Persamaan regresi linear berganda yang diperoleh adalah Y = 0,046 + 0,513X1 + 0,455X2 dimana Nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,919. Artinya, pemberian kompensasi dan komitmen organisasi mempunyai hubungan yang sangat kuat terhadap prestasi kerja karyawan pada PT. EDP Multi Medan. Nilai koefisien determinan (R Square) sebesar 0,844. Artinya, prestasi kerja dapat dijelaskan oleh pemberian kompensasi dan komitmen organisasional sebesar 84,4%, sedangkan 15,6% lagi dijelaskan oleh faktor lain.

 

Kata Kunci : Kompensasi, organisasional komitmen, prestasi kerja

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2017-06-24