STRATEGI PEMASARAN RAWAT INAP LAYANAN NON-BPJS PASCA PROGRAM LAYANAN BPJS DI RUMAH SAKIT MURNI TEGUH MEDAN

Authors

  • Bilson Pandiangan Politeknik Wilmar Bisnis Indonesia
  • Haslan Damanik Politeknik Wilmar Bisnis Indonesia

Keywords:

Strategi pemasaran,layanan

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Rumah Sakit Murni Teguh Medan untuk melihat strategi pemasaran yang dapat diterapkan untuk menaikkan jumlah Pasien non-BPJS pasca program layanan BPJS. Dengan menggunakan matriks SWOT dan Matrik IE maka didapatkanlah beberapa alternatif strategi yaitu mempertahankan kualitas layanan untuk menarik konsumen, meningkatkan kemampuan manajemen untuk mencapai tujuan organisasi, meningkatan kegiatan promosi dengan menggunakan teknologi internet, memberikan layanan antar jemput untuk konsumen non BPJS dan meningkatkan fasilitas rumah sakit. Dari Matrik QSPM menunjukkan strategi meningkatan kegiatan promosi dengan menggunakan Teknologi Internet merupakan prioritas utama Rumah Sakit Murni Teguh Medan karena menunjukkan nilai tertinggi TAS.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-12-11