FAKTOR DETERMINAN KEPATUHAN BEROBAT PENDERITA TUBERKULOSIS PARU DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BALAI AGUNG KABUPATEN MUSI BANYUASIN TAHUN 2021

Main Article Content

Dinia Gustiani Lasutri
Pitri Noviadi
Erma Gustina

Abstract

Penyakit Tuberculosis sampai saat ini masih menjadi masalah kesehatan masyarakat karena diperkirakan sepertiga penduduk dunia telah terinfeksi kuman Mycobacterium tuberculosis. Permasalahan yang dibahas dalam peenelitian ini adalah Bagaimana hubungan antara jenis kelamin, usia penderita, pekerjaan penderita, pendidikan, pengetahuan, sikap, tindakan, serta movitasi keluarga penderita TB Paru dengan kepatuhan minum Obat Anti Tuberkulosis. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah Penelitian ini merupakan suatu penelitian analitik dengan metode kuantitatif menggunakan pendekatan cross sectional. Hasil penelitian ini adalah Ada hubungan antara jenis kelamin dengan kepatuhan berobat TB paru. Ada hubungan antara usia dengan kepatuhan berobat TB Paru. Ada hubungan antara pekerjaan dengan kepatuhan berobat TB paru. Ada hubungan antara pendidikan dengan kepatuhan berobat TB paru. Ada hubungan antara pengetahuan dengan kepatuhan berobat TB paru. Ada hubungan antara sikap dengan kepatuhan berobat TB paru. Ada hubungan antara tindakan dengan kepatuhan berobat TB paru. Ada hubungan antara motivasi dengan kepatuhan berobat TB paru.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Lasutri, D. G., Noviadi, P., & Gustina, E. (2021). FAKTOR DETERMINAN KEPATUHAN BEROBAT PENDERITA TUBERKULOSIS PARU DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BALAI AGUNG KABUPATEN MUSI BANYUASIN TAHUN 2021. JURNAL MUTIARA KESEHATAN MASYARAKAT, 6(2), 69–82. https://doi.org/10.51544/jmkm.v6i2.2245
Section
Artikel

References

Bagiada, I., M & Primasari, N., L., P, 2010, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Ketidakpatuhan Penderita Tuberkulosis Dalam Berobat Di Pooliklinik DOTS RSUD Sanglah Denpasar, J Peny Dalam, vol 11 (3)

Caminero,J.A., 2010. Multidrug Resistant Tuberculosis : Epidemiology, Risk factors and Case Finding, International Journal Tuberculosis and Lung Disease. 14 (4) ; 382 -390

Dalvin, L. A. and Smith, W. M. (2017) ‘Intraocular manifestations of mycobacterium tuberculosis: A review of the literature’, Journal of Clinical Tuberculosis and Other Mycobacterial Diseases. Elsevier Ltd, 7, pp. 13–21. doi: 10.1016/j.jctube.2017.01.003.

Dhewi, G. I., Armiyati, Y. and Supriyono, M. (2011) ‘Hubungan Antara Pengetahuan, Sikap Pasien Dan Dukungan Keluarga Dengan Kepatuhan Minum Obat Pada Pasien TB Paru Di BKPM Pati’.

Erawatyningsih E., Purwanta and Subekti H., 2009, Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Ketidakpatuhan Berobat Pada Penderita Tuberkulosis Paru, Faktor-faktor yang Mempengaruhi Ketidakpatuhan, 25 (3), 117–124.

Kondoy, PPH dkk, 2014, Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kepatuhan Berobat Pasien Tuberkulosis Paru Di Lima Puskesmas Di Kota Manado, Jurnal Kedokteran Komunitas dan Tropik, Volume II, No 1, Februari 2014, hlm 1-8.

Website

Rahmansyah, A 2012, Faktor-faktor yang berhubungan dengan terjadinya DO pada penderita TBC paru di Rumah Sakit Paru Palembang tahun 2010, Skripsi Fakultas Kedokteran, Universitas Indonesia https://lib.ui.ac.id/file?file=digital/20304320-T30717%20- %20Faktor%20faktor.pdf/