Pengaruh Arus Kas dan Laba Terhadap Return Saham Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia

Main Article Content

Monetarist Butar Butar
Yannuke Patricia Siahaan
Johari Sitompul
Irman Jaya Ndruru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh arus kas dan laba terhadap return saham pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini dilakukan dari tahun 2017-2020. Sumber penelitian ini menggunakan Data Sekunder yang bersumber perusahaan manufaktur yang terdaftar di www.bei.go.id. Populasi dan sampel dalam penelitian ini sebanyak 10 perusahaan. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah metode purposive sampling. Hasil penelitian adalah secara parsial arus kas tidak berpengaruh terhadap return saham, laba bersih berpengaruh positif dan signifikan terhadap return saham dan secara simultan arus kas dan laba bersih berpengaruh terhadap return saham. 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

A, Santy. 2019. Modul Metode Penelitian,Sistematika Penulisan Penelitian Ilmiah. Medan: Universitas Darma Agung

Ardhianto,Widana Nur.2019. Buku Sakti Pengantar Akuntansi. Yogyakarta: Quardant

Bursa Efek Indonesia (www.idx.co.id) di akses pada bulan april 2021

Harahap, Syafri, Sofya. 2011. Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan. PT.RajagrafindoPersada, Jakarta

Hardian,2011. Analisis Pengaruh Total Arus Kas, Laba Akuntansi, Terhadap Return Saham. Jurnal skripsi

Haryeti dan Ririn Araji Ekayanti, Analisis Terhadap Rasio-Rasio Keuangan Untuk Mengukur Profitabilitas Pada Bank-Bank Swasta Yang Go Public Di Bursa Efek Indonesia, ISSN 2303-1744, Vol. 2No. 4. Desember 2019.

Hilal, Fathul PK, Pengaruh Laba Akuntansi, Total Arus Kas dan Net Profit Margin terhadap Return saham perusahaan asuransi yang terdaftar pada bursa efek Indonesia, Universitas Islam Indonesia, 2009.

Idawati dan Sudiartha. (2016). Manajemen Keuangan Perusahaan. Edisi Baru. Cetakan Ketujuh. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Indriantoro, N. dan B. Supomo, Metodologi Penelitian Bisnis,Yogyakarta: BPFEYogyakarta. 2002.

Iswadi dan Yunina, Pengaruh Laba Akuntansi, Financial leverage, dan Tingkat Inflasi terhadap Harga Saham, Jurnal E-Mabis FE-Unimal, Volume 7, Nomor1.Januari, 2006.

James M. Reeve, 2018. Anaslisis Pengaruh Manajemen Laba dan Profitabilitas terhadap Kebijakan Dividen (Studi Empiris pada Perusahaan Go Public yang terdaftar di BEI 2013-2017). Jurnal Ekonomika dan Bisnis. Universitas Diponegoro.

Kwang, Tan En, Pengaruh Koefisien Respon Laba Akuntansi terhadap Harga Saham dalam Masa Krisis Ekonomi di Indonesia”, Jurnal Ilmiah Akuntansi,Vol. 2No. 1, November 2002.

Nurmahami.2012. Analisis Pengaruh Komponen Arus kas Terhadap Return Saham Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di BEI.

Oktavia, Vicky, Analisis Pengaruh Total Arus Kas, Komponen Arus Kas dan LabaAkuntansi terhadap Harga Saham di Bursa Efek Jakarta: Studi Kasus PadaSaham LQ-45 Periode 2002-2004), Tesis tidak dipublikasikan,2018.

Puji, Yuni Astutik, Informasi Laba Operasi dan Arus Kas Operasi terhadap Harga Saham dan Prediksi Arus Kas Masa Depan Pada Perusahaan Manufaktur (Pada Bidang Food and Beverages), Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas. 2019.

Rahmasari. 2014. Pengaruh Arus Kas Operasi, Investasi, Pendanaan Serta Laba Akuntansi Terhadap Return Saham Pada Perusahaan Makana Dan Minuman Yang Terdaftar di BEI. Jurnal skripsi.

Sesantyarso, Ria, Analisis Pengaruh Laba Akuntansi, Arus Kas Operasi dan Nilai Buku Ekuitas Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Manufaktur yangTerdaftar di Bursa Efek Indonesia, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017.

Suhayati ,Aggadini.2010. AkuntansiKeuangan. Jakarta GrahaIlmu

Susan, Marcellia, Informasi Laba Akuntansi dan Arus Kas Serta Pengaruhnya Pada Harga Saham, Jurnal Keuangan dan Perbankan, Vol.13, No. 2. Mei, Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Maranatha, 2009.

Sisil, Marcellia, Informasi Laba Akuntansi dan Arus Kas Serta Pengaruhnya Pada Harga Saham, Jurnal Keuangan dan Perbankan, Vol.13, No. 2.Mei, Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Maranatha, 2018.

Suwardjono,Teori Akuntansi: Perekayasaan Pelaporan Keuangan, Edisi Ketiga,Yogyakarta: BPFE Yogyakarta, 2010.

Tandelilin, Eduardus. 2010. Portofolio dan Investasi Teori dan Aplikasih . Edisi Pertama.Yogyakarta: Kanisius.

Tsasiwi, Restu. (2014). Analisis Pengaruh Manajemen Laba dan Profitabilitas terhadap Kebijakan Dividen (Studi Empiris pada Perusahaan Go Public yang terdaftar di BEI 20011-2014). Jurnal Ekonomika dan Bisnis. Universitas Diponegoro.

Utama. 2011. Analisis Pengaruh Kas Operasi dan Laba Akuntansi Terhadap Return Saham Pada Perusahaan Yang Terdaftar di BEI.

Widya Trisnawati,2013. Pengaruh Kas Operasi, Investasi dan Pendanaan Serta Laba Bersih Terhadap Harga Saham. Jurnal skripsi.

Yosanih, irita. (2017). Analisis Hubungan antara Berbagai Gabungan Proksi Investment Opportunity Set dan Real Growth dengan Menggunakan Pendekatan Confirmatory Factor Analysis. Jurnal Akuntansi dan Investasi.Vol. 6 No. 2.