PENGARUH ECONOMIC VALUE ADDED, PRICE EARNING RATIO, DAN DIVIDEN PER SHARE TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN JASA SEKTOR KEUANGAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2013-2017

Main Article Content

David Ideal Mendrofa
Ronald Hasudungan Rajagukguk

Abstract

Perusahaan dengan jenis usaha jasa merupakan salah satu unit usaha yang kegiatannya tidak berkaitan dengan produksi sebuah produk atau dengan bentuk fisik namun berkaitan dengan kegiatan melayani atau pemberian layanan. Perusahaan dengan jenis tersebut merupakan golongan dengan jenis usaha yang cukup mungkin dapat berkembang pesat dimasa mendatang dan dapat berpeluang dalam menarik perhatian masyarakat. Diketahui BEI atau Bursa Efek Indonesia merupakan tempat menggalang dana dengan tempo atau jangka waktu pendek maupun panjang yang berasal dari masyarakat untuk kemudian disalurkan ke beberapa sektor yang ada.


Lokasi yang menjadi studi penelitian merupakan perusahaan jenis jasa pada bidang keuangan dan perusahaan tersebut sudah terdaftar pada BEI sejak tahun 2013 sampai 2017. Sampel dari penelitian meliputi 24 perusahaan dan sampel tersebut sudah ditentukan dengan cara purposive sampling. Pelaksanaan penelitian menggunakan bahan dengan jenis data sekunder dan terdiri dari laporan keuangan dan harga saham penutupan.


Hasil dari penelitian memberikan penjelasan bahwa EVA dan PER secara sebagian memberikan pengaruh kepada harga saham dengan cukup besar, sedangkan secara sebagian DPS tidak memberikan pengaruh kepada harga saham. Namun EVA, PER dan DPS memberikan pengaruh secara bersamaan kepada harga saham dengan cukup besar.


 


Kata Kunci : Economic Value Added, Price Earning Ratio, Deviden Per Share, Harga Saham

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles