KAMPANYE PUBLIC RELATIONS DALAM MEMBENTUK SIKAP POSITIF KHALAYAK

  • Arifin Sugianto Universitas Sari Mutiara
  • Antonius Wilson Sembiring Universitas Sari Mutiara
Keywords: Kampanye Public Relations, Sikap Positif Khalayak

Abstract

Penelitian ini dilakukan mengingat semakin bertambahnya jumlah perokok aktif  setiap tahunnya khususnya di negara Indonesia. Bertambahnya jumlah perokok aktif mengakibatkan semakin tingginya angka kematian yang ditimbukan oleh rokok, serta semakin banyak orang yang tidak peduli akan pentingnya kesehatan, kenyamanan, dan perilaku menyimpang yang disebabkan oleh rokok. Oleh karena itu, Universitas Sari Mutiara Indonesia diharapkan mampu memberikan tindakan yang bersifat membangun serta menghasilkan perubahan positif kepada khalayak khususnya bagi masyarakat kampus di Universitas Sari Mutiara Indonesia.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kampanye Public Relations Dalam Membetuk Sikap Positif Khalayak (Studi pada Kampanye Kawasan Bebas Rokok yang Diimpementasikan oleh Universitas Sari Mutiara Indonesia). Alasan memilih tema ini dikarenakan perguruan tinggi Universitas Sari Mutiara Indonesia telah lama menerapkan kebijakan larangan merokok, sejak perguruan tingi ini masih berbentuk STIKes pada tahun 2012 sesuai Surat Keputusan ketua STIKes No.39/A/STIKes-MI/IV/2012.

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah pihak management, karyawan dan mahasiswa S1 Universitas Sari Mutiara Indonesia yang berjumlah 92 orang. Jenis sampel yang digunakan adalah Sampling Purposive dan Sampling Insedental. Teknik pengumulan data menggunakan teknik komunikasi tidak langsung, yaitu dengan menyebarkan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis statistic, dan uji statistik yang digunakan adalah uji korelasi Product Moment Person.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai korelasi 0.422. Hubungan  = 0.422 berdasarkan analisis koefisien korelasi menyatakan bahwa hubungan tersebut termasuk hubungan yang “sedang”. Hasil uji hipotesis diketahui nilai r hitung = 0.422 > nilai r tabel = 0.172, ini berarti hubungan = 0.422 berlaku secara general, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya Kampanye Public Relations Kawasan Bebas Rokok yang Diimplementasikan oleh Universitas Sari Mutiara Indonesia sudah membentuk sikap positif khalayak. Hasil analisis koefisien determinasi juga menunjukkan bahwa Kampanye Public Relations Kawasan Bebas Rokok yang Diimplementasikan oleh Universitas Sari Mutiara Indonesia sudah membentuk sikap positif khalayak yaitu sebesar 17,8%, sisanya 82,2% dipenuhi oleh faktor lainnya

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-03-22