Mega US Sihombing STUDI FENOMENOLOGI KETERBUKAAN MENGEKSPRESIKAN DIRI KAUM GAY DI KOTA MEDAN MELALUI MEDIA JEJARING SOSIAL FACEBOOK SEBAGAI BENTUK EKSISTENSI DIRI

  • Mega US Sihombing Universitas Sari Mutiara

Abstract

Penelitian ini berjudul “ Studi Fenomenologi Keterbukaan Mengekspresikan Diri Kaum Gay di Kota Medan Melalui Media Jejaring Sosial Facebook Sebagai Bentuk Eksistensi Diri”. Yang bertujuan untuk menganalisis Keterbukaan Mengekspresikan Diri Kaum Gay di Kota Medan dalam Jejaring Sosial Facebook Sebagai Bentuk Eksistensi Diri dan Bagaimana informan memaknai dirinya sebagai Gay di lingkungan ke  Luarga dan di lingkungan sosial. Membuka diri adalah pengungkapan reaksi dan tanggapan seseorang terhadap situasi yang sedang dihadapinya serta memberikan informasi yang relevan tentang peristiwa masa lalu untuk pemahaman di masa kini. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah wawancara, studi kepustakaan dan dokumentasi. Hasil penelitian mendeskripsikan bahwa, Kaum Gay yang sudah menerima diri mereka sudah mau terbuka dalam mengekspresikan diri mereka melalui jejaring media sosial sebagai wadah untuk dapat diterima eksistensinya di dalam lingkungan sosial. Dalam memaknai dirinya di lingkungan keluarga, Kaum Gay masih takut dan malu untuk membuka dirinya didepan orang yang mereka sayangi. Hal ini lebih disebabkan ketakutan mereka untuk melukai perasaan keluarga apabila mengetahui bahwa ada keluarganya yang merupakan penyimpang norma yaitu seorang Gay.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-07-12
How to Cite
SIHOMBING, Mega US. Mega US Sihombing STUDI FENOMENOLOGI KETERBUKAAN MENGEKSPRESIKAN DIRI KAUM GAY DI KOTA MEDAN MELALUI MEDIA JEJARING SOSIAL FACEBOOK SEBAGAI BENTUK EKSISTENSI DIRI. JURNAL LENSA MUTIARA KOMUNIKASI, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 13-22, july 2018. Available at: <http://e-journal.sari-mutiara.ac.id/index.php/JLMI/article/view/306>. Date accessed: 20 sep. 2018.