PERANAN KOMUNIKASI DALAM MENCEGAH KONFLIK HORIZONTAL SESAMA PENGUNGSI ERUPSI SINABUNG DI POSKO PENGUNGSIAN DI BERASTAGI KABUPATEN KARO

  • Setiamenda Ginting Universitas Sari Mutiara Indonesia

Abstract

Gunung berapi Sinabung di dataran tinggi Karo pertengahan Agustus 2010 meletus, dan pada September 2013 meletus kembali, dan berlangsung hingga kini., menyebabkan ribuan penduduk dari 21 Desa dan 5 desa radius bahaya 5 km yaitu Desa Sigarang garang, Simacem, Bakerah,Naman Teran, dan Sukameriah harus diungsikan ke beberapa posko pengungsian. , Gereja , Mesjid, dan posko lainnya. Kehidupan yang sangat berat dan persoalan tanah dan rumah mereka harus ditinggalkan selama-lamanya membuat para pengungsi beresiko terjadi koflik sosial. Komunikasi sangat diharapkan untuk membuat mereka tenang dan dapat beraktifitas secara normal, Permasalahan yang sering terjadi adalah konflik sosial yang karena cenderung emosional, perasaan saling mencurigai, perbedaan atau diskriminasi dll. Tujuan dari penelitian ini adalah 1. Mencegah terjadinya konflik horizontal yang terjadi antara sesama pengungsi..2. Mengurangi kesenjangan komunikasi karena adanya perbedaan asal daerah, kebiasaan , tingkat sosial ekonomi. 3.Tersusunnya rencana pemerintah kabupaten dalam mengantisipasi terjadinya konflik . Lokasi Penelitian dilakukan di Posko Pengungsi di Berastagi. Metode penelitian dengan menggunakan pendekatan deskriptif dan jenis penelitian kualitatif. Hasil penelitian diperoleh bahwa peranan komunikasi didalam mencegah konflik horizontal sesama pengungsi erupsi sinabung sudah terkordinasi walaupun belum sepenuhnya efektif. Hasil penelitian ini akan menjadi terobosan bagi pemerintah dalam mengurangi beban pemerintah dalam mencegah terjadinya konflik horizontal di tengah masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-05-31
How to Cite
GINTING, Setiamenda. PERANAN KOMUNIKASI DALAM MENCEGAH KONFLIK HORIZONTAL SESAMA PENGUNGSI ERUPSI SINABUNG DI POSKO PENGUNGSIAN DI BERASTAGI KABUPATEN KARO. JURNAL LENSA MUTIARA KOMUNIKASI, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 59-76, may 2018. Available at: <http://e-journal.sari-mutiara.ac.id/index.php/JLMI/article/view/243>. Date accessed: 23 oct. 2018.