REPRESENTASI IMEJ PEREMPUAN DALAM IKLAN PRODUK PERAWATAN TUBUH

Main Article Content

Christin Purba

Abstract

Karya tulis ini mengangkat iklan cetak “Lux Shower†pada majalah wanita, alasan mengangkat iklan ini karena sudah menjadi hukum alam kalau wanita selalu diidentikkan dengan kecantikan dan keanggunan. Perempuan hanya menjadi pajangan dan pelengkap pemberi rasa nikmat pada penonton. Dalam iklan, perempuan masih banyak dijadikan obyek. Umumnya iklan yang dimunculkan dalam media massa, menampilkan sosok perempuan sebagai pemanis saja. Dalam penulisan karya tulis ini pendekatan analisis wacana paradigmatis dengan paradigma kritis yang menganalisis wacana dengan memperhatikan tanda-tanda (signs) Dan metode yang digunakan adalah metode semiotik strukturalis.
Berdasarkan hasil analisis terbukti pencitraan dan idealisasi perempuan cantik dan sempurna itu selalu digambarkan berbeda dengan sebagian besar perempuan maka banyak perempuan kemudian terlalu terobsesi untuk memiliki tubuh seperti yang ada pada model-model tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Purba, C. (2018). REPRESENTASI IMEJ PEREMPUAN DALAM IKLAN PRODUK PERAWATAN TUBUH. JURNAL LENSA MUTIARA KOMUNIKASI, 1(2), 48-58. Retrieved from http://e-journal.sari-mutiara.ac.id/index.php/JLMI/article/view/240
Section
Articles