Representasi Makna Iklan Mi Lemonilo Tahun 2020 Episode “Mie Hebat Untuk Keluarga Sehat” (Analisis Semiotik Charles Morris)

Main Article Content

Nur Mahmudah El Madja

Abstract

Iklan pada dasarnya bertujuan untuk memengaruhi masyarakat. Dalam prosesnya, iklan dapat bersifat informatif atau manipulatif. iklan juga bertujuan memberikan gambaran kepada konsumen agar konsumen tertarik kepada produk yang di iklankan. Perbedaan sifat tersebut tergantung pada upaya dalam mencapai tiga tujuan komunikasi massa dalam periklanan yaitu tujuan kognitif, afektif, dan psikomotorik. Iklan Mi Lemonilo berisikan informasi verbal dan visual yang bertujuan promosi bahwa mi tersebut sehat. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan menggunakan analisis semiotik model Charles Morris dimana hasil penelitian tersebut akan mengetahui bentuk semantic, sintaksis, dan pragmatik dari iklan Mi Lmonilo tahun 2020 episode “Mie Hebat Untuk Keluarga Sehat”. Bentuk semantik guna mengetahui hubungan tanda dengan maksud disampaikan sebenarnya. Bentuk pragmatik guna mengetahui hubungan dengan penggunaan tanda dan akibatnya dalam satu tingkah lagu yang nyata. Sedangkan, bentuk sintaksis berhubungan dengan tata cara Menyusun tanda secara bersama untuk membentuk satu gabungan tanda yang bisa berupa kata, frasa, kalimat, dan pikiran utuh suatu teks atau konteks.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
El Madja, N. M. (2021). Representasi Makna Iklan Mi Lemonilo Tahun 2020 Episode “Mie Hebat Untuk Keluarga Sehat” (Analisis Semiotik Charles Morris). JURNAL LENSA MUTIARA KOMUNIKASI, 5(2), 162–173. https://doi.org/10.51544/jlmk.v5i2.1729
Section
Articles