POLA KOMUNIKASI UNIVERSITAS DALAM MENANGGAPI PERSEPSI MAHASISWA TENTANG KOMUNIKASI PEGAWAI ADMINSTRASI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALUKU UTARA
Main Article Content
Abstract
Pola komunikasi Pelayanan di Universitas Muhammadiyah Maluku Utara adalah upaya membangun pelayanan yang efektif, Berdasarkan penelitian sebelumnya bahwa adanya hubungan antara pandangan negatif dengan efektifitas pesan yang disampaikan oleh pegawai terhadap mahasiswa. Semakin tinggi pandangan negatif mahasiswa terhadap komunikasi pegawai administrasi pada saat melakukan pelayanan, maka semakin rendah pula efektifitas pesan yang disampaikan oleh pegawai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pola Komunikasi Pegawai dalam pelayanan administrasi kepada mahasiswa dan untuk mengetahui Pola komunikasi Universitas dalam melakukan pembinaan tentang Komunikasi efektif pegawai kepada Mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, dan analisis data menggunakan pendekatan konsep pola komunikasi sebagai pelayanan public untuk menghasilkan pelayanan yang efektif. Hasil penelitian adalah Pola komunikasi digunakan oleh Universitas dalam bentuk Komunikasi Formal dalam rapat-rapat resmi dan non-formal seperti dalam bentuk Komunikasi antarpribadi dengan maksud merubah dan membentuk komunikasi verbal dan nonverbal yang lebih baik kepada pegawai dalam melakukan pelayanan dan menyelesaikan permasalahan yang terjadi disetiap uni kerja umum dan program studi selain itu terdapat Pola Komunikasi Multi arah, melalui Rapat pengambilan keputusan, pembahasan permasalahan dari setiap unit yang dilakukan dalam bentuk kelompok dengan melibatkan semua pihak yang memiliki kewenangan penyelesaian masalah.