STRATEGI PEMASARAN UMKM SEKTOR MAKANAN MELALUI SURVEY EFEKVITAS PEMANFAATAN PROMOSI DI MEDIA SOSIAL (KAJIAN MARKETING NETNOGRAPHY DI INSTAGRAM)

Main Article Content

Ulfa Yuniati
Intan Primasari
Najla Nadzirotul Jannah

Abstract

Hidup pada era serba digital membuat kita bisa dengan mudah mengakses informasi yang tak hanya cepat, tetapi juga besar. Hal ini juga mengubah cara kita mengonsumsi hingga membagikan informasi itu. (Nurudin, 2017). Saat ini media sosial yang mendapatkan perhatian dari pelaku bisnis yakni UMKM adalah Instagram. Berdasarkan polling bulan Januari 2016 dari perusahaan mobile research JakPat, sebesar 56.2% pengguna Instagram di Indonesia yang berumur 18 sampai 35 tahun mengikuti akun digital retailer di platform tersebut. Serta akun digital retailer yang diikuti (follow) sosial salah satunya culinary dengan presentase 31.6%. presentase yang paling tinggi di clothes 67.5 (Mahatma, 2016). Penggunaan media sosial oleh UMKM merupakan salah satu strategi pemasaran yang dilakukan agar memperluas pangsa pasar. Selain itu pemanfaatan media sosial untuk pemasaran memberikan efek pada peningkatan jangkauan dan exposure (brand awaraness), berinteraksi dengan follower (engagement) serta peningkatan penjualan (Maizal, 2017). Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran UMKM Bandung melalui survey efektivitas promosi UMKM dengan pendekatan media analisis, network analisis, marketing netnography dalam melihat perilaku konsumen dalam membeli. Metode penelitian yang dilakukan menggunakan pendekatan netnography. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan hasil kuesioner UMKM disertai item-item pertanyaan. Teknik analisis data yang digunakan dengan analisis deskriptif kualitatif yang berdasarkan  media analisis, network analysis, marketing netnography, serta melakukan observasi mekanik melalui Instagram untuk membutuhkan penjelasan sumber data secara khusus. Hasil penelitian menunjukkan tahap pertama media analysis yakni reach, engagement, dan virality dapat dirasakan pemilik UMKM. Tahap kedua network analysis menunjukkan bahwa adanya influencer dapat mempengaruhi lebih banyak orang untuk melakukan pembelian, yang telah dirasakan oleh UMKM yang menggunakan influencer. Pada tahap analisis terakhir yaitu marketing netnography, yaitu dilihat pada conversation analysis yang terukur efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Yuniati, U., Primasari, I., & Jannah, N. N. (2020). STRATEGI PEMASARAN UMKM SEKTOR MAKANAN MELALUI SURVEY EFEKVITAS PEMANFAATAN PROMOSI DI MEDIA SOSIAL (KAJIAN MARKETING NETNOGRAPHY DI INSTAGRAM). JURNAL LENSA MUTIARA KOMUNIKASI, 4(2), 132–149. Retrieved from http://e-journal.sari-mutiara.ac.id/index.php/JLMI/article/view/1527
Section
Articles