EFEKTIVITAS KOMUNIKASI INTERPERSONAL PUSTAKAWAN DENGAN PEMUSTAKA PADA LAYANAN SIRKULASIPERPUSTAKAAN UNIVERSITAS SARI MUTIARA INDONESIA
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilakukan di Perpustakaan Universitas Sari Mutiara Indonesia/USM-Indonesia. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk dapat mengetahui efektivitas komunikasi interpersonal pustakawan dengan pemustaka pada layanan sirkulasi Perpustakaan USM-Indonesia. Metode penelitian yang dilakukan yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan pada penelitian ini yaitu pemustaka di Perpustakaan USM-Indonesia. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) pada layanan sirkulasi keterbukaan (openness) komunikasi interpersonal oleh pustakawan kepada pemustaka tidak terjalin dengan baik, 2) Pustakawan tidak memiliki rasa empati terhadap pemustaka dengan kondisi yang di alami oleh pemustaka yang menghilangkan koleksi perpustakaan, 3) Pustakawan jarang memberikan support mengenai masalah yang dihadapi pemustaka baik masalah di perpustakaan maupun akademik, 4)Perilaku positif yang terjadi saat komunikasi interpersonal antara pustakawan tidak terlaksana dengan baik. Apabila pemustaka hendak meminjam koleksi atau mengembalikan koleksi, pemustaka harus bersabar menunggu karena pustakawan jarang berada atau duduk di bagian layanan sirkulasi, sehingga kegiatan peminjaman dan pengembalian tidak berjalan dengan efektif, 5) Tidak ada kesamaan dalam komunikasi interpersonal, karena pemustaka merasa takut dan segan kepada pustakawan sehingga jarang terjadinya komunikasi antar pribadi