PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANGTUA TERHADAP ANAK UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V DI SD NEGERI. 075-075 HILIFALAGO KECAMATAN ONOLALU KABUPATEN NIAS SELATAN
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara komunikasi interpersonal orang tua dan anak dengan prestasi belajar siswa kelas V di SD Negeri. 075075 Hilifalago Kecamatan Onolalu Jenis penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SD Negeri siswa kelas V di SD Negeri. 075075 Hilifalago Kecamatan Onolalu Tengah dan sampel pada penelitian ini adalah 30 siswa SD yang diambil dengan menggunakan teknik. Quasi eksperimen Instrumen penelitian adalah angket dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data “Korelasi Product Moment”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antar komunikasi interpersonal dengan prestasi belajar. Hal ini dibuktikan dengan HA (hitung = )5.8334 lebih besar (tabel = ) 1.701dan hipotesis diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa: terdapat hubungan yang signifikan antara komunikasi interpersonal orang tua dan anak dengan prestasi belajar siswa SD Negeri kelas V di SD Negeri. 075075 Hilifalago Kecamatan Onolalu.