PEMANTAUAN DAN KONTROL REAL TIME INKUBATOR NEONATAL

Authors

  • Salomo Sijabat Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Desy Lustiyani Rajagukguk Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Hotromasari Dabukke Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Adiansyah Universitas Sari Mutiara Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51544/elektromedik.v7i2.4944

Keywords:

Inkubator Bayi, Monitoring, Neonatal Inkubator, Internet Of Things

Abstract

Telah dilakukan penelitian dengan membuat alat inkubator bayi yang dapat berfungsi secara otomatis pemantauan dan kontrol real-time inkubator neonatal. Kontrol suhu dan kelembaban sistem monitoring sangat dibutuhkan dalam sebuah inkubator karena saat ini masih banyak suhu pemantauan dilakukan secara manual. Demikian pemantauan dan pengendaliannya sistem suhu dan kelembaban inkubator telah dirancang yang dapat dipantau secara otomatis dari jarak yang cukup jauh berdasarkan Internet Of Things (IoT). Metode penelitian ini terdiri dari 2 bagian sistem yaitu perangkat utama dan perangkat pemantauan. Sensor yang digunakan adalah DHT11 untuk temperatur dan kelembaban, serta sensor DS18B20 untuk suhu ruangan. Pemantauan dapat dilakukan secara real-time dan pengontrolan manual dapat dilakukan dan ditampilkan pada LCD. Jika suhu dan kelembaban tidak cocok, pemanas atau kipas DC akan menyala. Penelitian ini adalah membuat alat inkubator yang dapat berfungsi secara otomatis pemantauan dan kontrol real-time inkubator neonatal. Hasil penelitian nilai kesalahan setiap kondisi suhu sedang diuji dapat diketahui dengan pasti besaran kesalahan (eror) yang terjadi pada setiap perlakuan hal ini akan memberikan gambaran tentang keakuratan alat yang digunakan dari data tersebut diperoleh nilai kesalahan rata-rata dari ke 13 kali percobaan adalah sebesar 0,09% demikian juga halnya perbandingan dengan pembanding termometer digital dan termometer air raksa. Jadi, tingkat akurasi peralatan sensor yang digunakan dengan pendeteksi suhu DS18B20 adalah mencapai 99,91% .

Downloads

Download data is not yet available.

References

Surasmi, A., Handayani, S., dan Kusuma, H.N.Perawatan Bayi Risiko Tinggi. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC, 2003.

Sen, G. T., & Yuksekkaya, M. Desing and Test of an Incubator Analyzer. 2018 2nd International Symposium on Multidisciplinary Studies and Innovative Technologies. 2018.

Radhika, B., Rao, V R. Incubator Baby Parameter Sensing and Monitoring. International Journal of Innovative Technology and Exploring Engineering (IJITEE), Vol. 8 Issue 7, May 2019.

Sendra, S., Romero-Diaz, P. Smart Infant Incubator Based on LoRa Networks. IEEE 978-1-5386-9120-5/18. 2019

Prinyakupt, J., & Roongprasert, K. Verification Device for Temperature and Relative Humidity Inside the Infant Incubator via IoT. 2019 12th Biomedical Engineering International Conference (BMEiCON). 2019.

Ashish, B. Temperature monitored IoT based smart incubator. 2017 International Conference on I-SMAC (IoT in Social, Mobile, Analytics and Cloud) (I-SMAC). IEEE 978-1-5090-3243-3/17. 2017.

S. Meystre. The Current State of Telemonitoring : A Comment on the Literature, vol. 11, no. 1, pp. 63–69. 2005.

Azman, N., Wicaksono, S.R., Sinaga, E. Offline-First Sleep Assessment (OFFSA) Internet of Things Polysomnography Sleep Assessment Framework for Sleep Monitoring in Rural Environment. International Journal of Recent Technology and Engineering (IJRTE), Vol. 8 Issue 4, November 2019.

Azman, N., Ghani, M. K. A., Wicaksono, S.R., Salahuddin, L. The Development of IoT Tele-Insomnia Framework to Monitor Sleep Disorder. International Journal of Advanced Trends in Computer Science and Engineering, Vol. 8 Issue 6, November 2019.

Azman, N., Ghani, M. K. A., Wicaksono, S.R., Kurniawan. B., Repi, V. V. R. Insomnia analysis based on internet of things using electrocardiography and electromyography. Telecommunitaction, Computing, Electronics and Control, Vol. 18 Issue 13, June 2020.

Suherman, S., & Syahputra, S. (2014). Pengaruh Penambahan Cu Dan Solution Treatment Terhadap Sifat Mekanis Dan Struktur Mikro Pada Aluminium Paduan A356. Jurnal Dinamis, 2(14).

Suherman, S., Hasanah, M., Ariandi, R., & Ilmi, I. (2021). PENGARUH SUHU PEMANASAN TERHADAP KARAKTERISTIK DAN MIKROSTRUKTUR KARBON AKTIF PELEPAH KELAPA SAWIT. Jurnal Industri Hasil Perkebunan, 16(1), 1-9

Suroso, B., & Prayogi, D. (2019). Pengaruh Kecepatan Putaran Spindle Dan Kedalaman Penggerindaan Terhadap Kekasaran Permukaan Material Baja St 37 Menggunakan Mesin Bubut Bergerinda. Jurnal Rekayasa Material, Manufaktur dan Energi, 2(1), 24-33.

Tanjung, I., Affandi, A., Huzni, S., & Fonna, S. (2020). Investigasi pengaruh jumlah elemen anoda terhadap distribusi potensial korosi pada beton bertulang menggunakan BEM 3D. Jurnal Rekayasa Material, Manufaktur dan Energi, 3(1), 57-64.

Umurani, K., Nasution, A. R., & Irwansyah, D. (2021). Perpindahan Panas Dan Penurunan Tekanan Pada Saluran Segiempat Dengan Rusuk V 90 Derajat. Jurnal Rekayasa Material, Manufaktur dan Energi, 4(1), 37-46.

Yani, M., & Suroso, B. (2019). Membandingkan Cetakan Terbuka Dengan Tertutup Pada Pembuatan Papan Skate Board Dari Limbah Sawit. Jurnal Rekayasa Material, Manufaktur dan Energi, 2(2), 150-157.

Yani, M., & Lubis, F. (2018). Pembuatan Dan Penyelidikan Perilaku Mekanik Komposit Diperkuat Serat Limbah Plastik Akibat Beban Lendutan. MEKANIK: Jurnal Ilmiah Teknik Mesin, 4(2).

Yunus, S. M., & Sitorus, M. K. (2018). Perbandingan Kekerasan dan Struktur Mikro Material Crank Shaft Sepeda Motor Beberapa Merk. MEKANIK: Jurnal Ilmiah Teknik Mesin, 4(1)

Downloads

Published

2023-12-26