ANALISA GLUKOSA DARAH IBU HAMIL TRIMESTER II DI RUMAH SAKIT ESTOMIHI MEDAN

Main Article Content

Dicky Yuswardi Wiratma
Budi Kurniawan
Muhammad Budi Syahputra

Abstract

Glukosa darah dihasilkan dari karbohidrat yang dikonsumsi dan disimpan sebagai glikogen di hati serta otot rangka. Glukosa ini merupakan sumber energi utama bagi sel-sel tubuh manusia. Salah satu faktor yang dapat menyebabkan peningkatan kadar glukosa dalam darah adalah kehamilan, karena selama periode ini, pertumbuhan dan perkembangan janin mempengaruhi perubahan fisiologis pada ibu hamil. Peningkatan kadar glukosa darah selama kehamilan dikenal sebagai diabetes mellitus gestasional, yang muncul akibat gangguan toleransi glukosa yang pertama kali terdeteksi selama kehamilan dan sering kali disebabkan oleh perubahan hormon yang menyebabkan resistensi insulin pada ibu hamil. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kadar glukosa darah pada ibu hamil trimester II di Rumah Sakit Estomihi Medan pada tahun 2024. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik dengan pemeriksaan menggunakan test strip pada 14 sampel ibu hamil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 14 sampel, 9 sampel (64%) memiliki kadar glukosa darah normal, sementara 5 sampel (36%) menunjukkan kadar glukosa darah tinggi (hiperglikemia). Berdasarkan hasil penelitian ini, kadar glukosa darah sewaktu pada ibu hamil trimester II di Rumah Sakit Estomihi pada tahun 2024 relatif normal. Disarankan bagi ibu hamil trimester II yang mengalami peningkatan kadar glukosa darah untuk melakukan pemeriksaan kadar glukosa darah puasa, 2 jam post prandial, protein, dan hemoglobin. Selain itu, penting bagi mereka untuk menerapkan pola makan yang sehat dan seimbang serta rutin berkonsultasi dengan dokter.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Wiratma, D. Y., Kurniawan, B., & Syahputra, M. B. (2024). ANALISA GLUKOSA DARAH IBU HAMIL TRIMESTER II DI RUMAH SAKIT ESTOMIHI MEDAN. JURNAL ANALIS LABORATORIUM MEDIK, 9(1), 26–30. https://doi.org/10.51544/jalm.v9i1.5072
Section
Artikel

References

Depkes RI. (2016). Profil Kesehatan Tahun 2016. Jakarta: Dinas Kesehatan Kota Surabaya.

Dewi Ayu, dkk. 2018. “Penurunan Kadar Glukosa Darah dan Gambaran Histopatologi Pankreas dengan Pemberian Gula Aren (Arenga pinata) pada Tikus Jantan Galur Wistar yang di Induksi Aloksan”.

Dewi, A.M.S., Tiho, M., Kaligis, S.H.M., 2018. Gambaran Kadar Glukosa Darah Sewaktu pada Ibu Hamil Trimester III di Rumah Sakit Robert Wolter Mongisidi Manado. Medik Rehabilitasi (JMR) [e-journal] 1(2): pp.1-5.

Kemenkes RI, 2017. Wanita dan Diabetes. P2PTM

Perkeni. 2019. Pedoman Pengolaan dan Pencegahan Prediabetes di Indonesia 2019. In Perkeni (1st ed.). Penerbit Airlangga University Press.

Rahmawati F, Natosba J, Jaji. Skrining Diabetes Melitus Gestasional dan Faktor Resiko yang Mempengaruhinya. JKB. 2016. Available at: http://media.neliti.com/media/publications/18717 64-ID-skrining-diabetes-melitus-gestasionald.pdf.

Ramadhan, A., Nuswantoro, A., Triana, L., & Ihsam, BM. 2024. Gambaran Kadar Glukosa Darah Sewaktu Pada Ibu Hamil di Puskesmas Tambelan Sampil Kota Pontianak. Jurnal Ners, 8 (1), 575- 578.

Rajagukguk, T. 2022. Analisa Kadar Glukosa Darah Pada Ibu Hamil Trimester III di Rumah Sakit Islam Umum Malahayati Medan. Jurnal Teknologi Kesehatan dan Ilmu Sosial (Tekesnos), Vol.4 (1), 78-83

Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas). 2019. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan. Kementerian RI tahun 2019

Setia, Skolastika Agustina et. all. 2023. Gambaran Jamur Candida albicans Pada Urin Penderita DM Tipe 2 di Samarinda. Jurnal Analis Laboratorium Medik, Vol. 8 (No.2), 101-107.

Siahaan, Maniur Arianto & Dyna Grace Aruan. 2022. Analyze of Blood Glucose Levels in People with Type II Diabetes Mellitus Aged 50-60 Years with Glucometer Method at Islamic Malahayati Medan Hospital. Jurnal Analis Laboratorium Medik, Vol. 7 (No.1), 10-14.

Sugianto. 2016. Diabetes Melitus dalam Kehamilan. Jakarta: Erlangga

Ugahari, L. E., Mewo, Y.M., & Kaligis, S. H. M. 2016. Gambaran Kadar Glukosa Darah Puasa Pada Pasien Kantor. Jurnal E- Biomedik, 4(2.)

Wedanthi, I. G. A., I. G. S. D. Putri dan L. A. W. Krisna, 2017. Kadar Glukosa Darah Puasa Pada Ibu Hamil Trimester II dan III di Pusat Kesehatan Masyarakat I Denpasar Selatan. http://ejournal.poltekkesdenpasar.ac.id, Volume 5, p. 126 – 133.

World Health Organization. Diabetes Fakta dan Angka. Juni 2015 Available at: http://www.searo.who.int/indonesia/topics/8- whd2016-diabetes-facts-and-numbers- indonesian.pdf