ANALISIS LOGAM TIMBAL (Pb) LIPSTIK YANG BEREDAR DI PASAR GAMPING SLEMAN YOGYAKARTA

Main Article Content

Bagus Rozaq Sembada
Isnin Aulia Ulfah Mu‟awanah
Arif Yusuf Wicaksana

Abstract

Pada zaman modern seperti sekarang ini sangat banyak orang yang menggunakan produk kosmetik terkhusus di Indonesia, hal ini menyebabkan penggunaan kosmetik di Indonesia semakin meningkat dengan sangat pesat. Beberapa produk kosmetik yang sering digunakan oleh masyarakat adalah eye-liner, concealer, pensil alis bedak, lisptik dan lainnya. Lipstik merupakan produk kosmetik yang digunakan untuk mewarnai bibir dengan sentuhan artistik sehingga dapat meningkatkan estetika dalam riasan wajah. Beberapa produk lipstik yang beredar di pasaran mengandung timbal, bahan dasar lipstik ini merupakan senyawa kimia yang berbahaya bagi manusia apabila digunakan dalam jangka waktu panjang. Sehingga untuk mengetahui adanya kadar timbal dalam lipstik, peneliti menganalisis menggunakan spektrofotometer serapan atom. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kadar timbal pada lipstik yang beredar di pasar Gamping Yogyakarta. Hasil analisa kadar logam berat Timbal dari 13 sampel lipstik pada penelitian ini didapatkan sampel lipstik dengan kadar logam timbal tertinggi adalah 10,896 µg/g. Sedangkan kadar timbal terendah pada penelitian ini adalah 0,471 µg/g. Sampel yang di uji mengandung timbal, kadar timbal pada lipstik berkisar antara 0,096- 10,896 µg/g dan semua sampel memenuhi syarat BPOM.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Sembada, B. R., Mu’awanah, I. A. U., & Wicaksana, A. Y. (2023). ANALISIS LOGAM TIMBAL (Pb) LIPSTIK YANG BEREDAR DI PASAR GAMPING SLEMAN YOGYAKARTA. JURNAL ANALIS LABORATORIUM MEDIK, 8(1), 66–74. https://doi.org/10.51544/jalm.v8i1.3832
Section
Artikel

References

Agustina, K. (2017). Identifikasi penggunaan spektroskopi serapan atom, di identifikasi kandungan timbal lipstik yang dijual di Pasar Jombang Legi. Tesis. Jombang

Aruan, D. G. R. (2020). Analisa Kadar Besi (Fe) Air Sumur Bor di Jalan Bakti Luhur Kelurahan Dwikora Medan. Jurnal Analis Laboratorium Medik, 5(2), 10–11.

Effendi, N. d. (2014). Analisis Kandungan Logam Berat Merkuri (Hg) dan Timbal (Pb) pada Kosmetik Lipstik yang Beredar di Kota Makassar dengan Metode Serapan Atom. Jurnal AsSyifaa, 1, 84.

Putri Dwi Miranti. 2015. Analisa Kadar Timbal (Pb) Pada Burung Ruak- Ruak Goreng yang Diperjual belikan Di Stasiun KeretaApi Tebing Tinggi Tahun 2015.Universitas Sari Mutiara Medan.

Siahaan, M. A. (2019). Analisa Kadar Cemaran Logam Timbal (Pb) Metode SSA Pada Kerang Buluh Yang Diperjual belikan di Pasar Bengkok Pancing Medan. Jurnal Analis Laboratorium Medik, 4 (2).

Sihite MH, Naria E, Nurmaini.(2015). Analisis kandungan timbal pada lipstik impor dan dalam negeri serta tingkat pengetahuan konsumen Dan pedagang terhadap lipstik yang beredar di Pasar Petisah Kota Medan. Medan: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas SUMUT.

Tifanni, J. S (2019). Analisis Kandungan Timbal (Pb) pada Lipstik yang Diperjualbelikan di Pasar Sukaramai Kota Medan. Tesis. Medan:Politeknik Kesehatan RI Medan Jurusan Analis Kesehatan.

Utomo, T. A. T. (2005). Health Quotient Cerdas Kesehatan Untuk Eksekutif. Jakarta: Grasindo.