SISTEM PEMANTAUAN PH, TEMPERATUR DAN KELEMBABAN PADA PEMBUATAN PUPUK KOMPOS

Main Article Content

Tuful Zuchri
Ana Uzla Batubara
Adiansyah Adiansyah

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang sistem pemantauan pH, Temperatut dan kelembaban pada pembuatan pupuk kompos. Peralatan ini sangat dibutuhkan oleh para petani untuk mengontrol pembuatan pupuk kompos untuk hasil yang lebih maksimal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sensor YL-69, display LCD, arduiono uno dan pembacaan dengan software yang dihubungkan dengan MySql mampu terkoneksi dengan baik. Dari hasil penelitian ini didapatkan ketelitian sudah mendekati hasil senbenarnya dimana semisal nilai 20% makan akan didapatkan hasil sebesar +/- 2,80% untuk sebuah nilai kepastian sedangkan ketidakpastian untuk suhu nilai maksimal 3 dan dalam pembaaan (70oC +/- 3oC).Dari hasil penelitian yang diproleh menunjukkan bahawa alat yang digunakan sudah bisa digunkan untuk sistem monitoring pH, temperatur dan kelembaban untuk optimalisasi pembuatan pupuk kompos dengan bemberian air yang sesuai dengan fan yang digunakan untuk pembuatan pupuk kompos

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Zuchri, T., Batubara, A. U., & Adiansyah, A. (2021). SISTEM PEMANTAUAN PH, TEMPERATUR DAN KELEMBABAN PADA PEMBUATAN PUPUK KOMPOS. JURNAL ANALIS LABORATORIUM MEDIK, 6(2), 100–106. https://doi.org/10.51544/jalm.v6i2.2232
Section
Artikel

References

Melati, H. P. (2014). Teknologi Pembuatan Pupuk Organik. Reuleut: Universitas Malikussaleh.

Bagus, T. P. (2012). Pengaruh Kelembaban Tanah Terhadap Tanaman. Sukabumi.

Bentley, J. P. (2005). Principles Of Measurement System (4nd Ed.). Essex, United Kingdom: Pearson Education Limited.

Firmansyah, O. A. Rancang Bangun Sistem Monitoring Dan Akuisisi Data Rpm Fan, Temperatur Dan Kelembaban Pada Ducting Air Conditioning Laboratory Unit Pa Hilton A575. Surabaya: ITS.

Laboratorium Pengukuran Fisis. (2014). Modul Teknik Pengukuran dan Kalibrasi. Surabaya: ITS.

Tirto, K. (2013). Dampak dan Pengaruh Kelembaban Terhadap Tanaman dan Nutrisi. Bogor

Harjanti, 2017. “Pupuk Organik dari Limbah Pabrik Gula Madukismo dengan Starter Mikrobia Pengurai Untuk Menambah Kandungan N, P, K”, Politeknik LPP, Yogyakarta.

Sinaga, Lidia Hana. 2019. “Monitoring Suhu dan Kelembaban Udara Menggunakan IoT (Internet of Things) Berbasis NodeMCU ESP8266”. Universitas Sumatera Utara.

Hapsari, Chrismalia; Wilujeng, Susi Agustina. 2011. Studi Emisi Karbondioksia (CO2) dan Metana (CH4) Dari Kegiatan Reduksi Sampah Diwilayah Surabaya Bagian Selatan. Teknik Lingkungan, ITS. Surabaya.

Afrizal, M.A. 2018. Rancang Bangun Rumah Pintar Berbasis IOT (Internet of Things) Sebagai Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran pemrograman, Mikroprosesor dan Mikrokontroller di SMKN2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. Vol.7, No.1, pp.79-86.

Rahmawati, Novi, Dony, Novria. 2014. “Pembuatan Pupuk Organik Berbahan Sampah Organik Rumah Tangga Dengan Penambahan Aktivator Em4 di Daerah Kayu Tangi”. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin.

Palar, H. 1994. Pencemaran dan Toksikologi Logam Berat. Jakarta: Rineka Cipta

Siswanto, A 1991. Toksikologi Industri. Surabaya: Balai Hiperkes dan Keselamatan Depnaker jatim

Adryanto. 2005.Deteksi Pencemaran Timah Hitam (Pb) dalam Darah, Masyarakat yang Terpajan Timbal (Plumbum), Jurnal Kesehatan Lingkungan Vol-2/No.1