ISOLASI BAKTERI Salmonella paratyphi DAN Shigell dysentriae PADA AIR SUMUR YANG TERDAPAT DI DESA PAYA BAKUNG KECAMATAN HAMPARAN PERAK TAHUN 2021

Main Article Content

Eka Margareta Sinaga
Maniur Siahaan
Mahyudi Mahyudi

Abstract

Air merupakan bahan alam yang diperlukan untuk kehidupan manusia sebagai media pengangkutan zat-zat makanan, juga merupakan sumber energi serta berbagai keperluan lainnya. Pemeriksaan Salmonella paratyphi dan Shigella dysentriae pada air sumur dilakukan karna dapat menyebabkan demam thipoid dan diare, yang disebabkan karena masyarakat membuat sumur terlalu dekat dengan septic tank dan kandang hewan sehingga air sumur yang digunakan untuk keperluan rumah tangga bisa terkontaminasi oleh bakteri tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengisolasi bakteri Salmonella typhi dan Shigella dysentriae dari 20 sampel air sumur yang  diambil di Desa Paya Bakung Kecamatan Hamparan Perak. Sampel diisolasi dengan Media yang digunakan yaitu Thioglycholat broth, Salmonella Shigella Agar (SSA) dan  Mac Conkey Agar (MCA). Hasil identifikasi terhadap 20 sampel air sumur yang  diambil di Desa Paya Bakung Kecamatan Hamparan Perak yaitu: dari 20 sampel terdapat 5 sampel yang tercemar bakteri Salmonella typhi, Salmonella paratyphi dan Shigella dysentriae. Saran Bagi masyarakat diharapkan untuk menjaga ke higenisan pada saat menggunakan air sumur dan sebaiknya pembuatan sumur gali lebih jauh dari sumber pencemaran yang berjarak sekitar 15 meter.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Sinaga, E. M., Siahaan, M., & Mahyudi, M. (2021). ISOLASI BAKTERI Salmonella paratyphi DAN Shigell dysentriae PADA AIR SUMUR YANG TERDAPAT DI DESA PAYA BAKUNG KECAMATAN HAMPARAN PERAK TAHUN 2021. JURNAL ANALIS LABORATORIUM MEDIK, 6(1), 34–41. https://doi.org/10.51544/jalm.v6i1.2114
Section
Artikel

References

Anonimus. (2010). Media Uji Pemecahan Komponen Makanan Oleh Mikroorganisme. Juni 2015; http://lordbroken.wodpress.com/2010 /07/27.html.
Brooks, Misnadiarly dan Husjain. 2014. Mikrobiologi untuk Klinik dan Laboratorium. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Brooks, Radji Maksum, 2009,Buku Ajar Mikrobiologi Panduan Mahasiswa Farmasi Dan Kedokteran. Penerbit Buku KedokteranEGC, Jakarta.
Brooks, Sinta, dkk. 2016. Praktikum Mikrobiologi Dasar. Penerbit Buku CV Trans Info Media, Jakarta.
Brooks, Maria Dannessa Delost, 2018. Mikrobiologi Diagnostik Untuk Teknologi Laboratorium Medik. Penerbit buku Kedokteran (ECG).
Budiyanto, M. A. K. 2002. Mikrobiologi Terapan. Malang; UMM Prees.
Chandra, Budiman, 2005. Pengantar Kesehatan Lingkungan. Jakarta; Buku Kedokteran EGC.

Most read articles by the same author(s)