KONTAMINASI Salmonella sp. PADA SOP BUAH YANG DIJUAL DI JALAN DR. MANSYUR KELURAHAN PADANG BULAN KOTA MEDAN

Main Article Content

Debie Rizqoh
Hamka Ismuda

Abstract

Sop buah merupakan salah satu jenis minuman yang terdiri dari campuran berbagai macam buah, sirup, susu, air dan es. Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan perubahan manfaat sop buah menjadi sumber penyakit bagi tubuh meliputi: air sebagai bahan sop buah dan air yang digunakan untuk mencuci mangkok dan sendok dapat menjadi bahan kontaminasi penyebab penyakit seperti Salmonella sp. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi Salmonella pada sop buah yang dijual di Jalan Dr. Mansyur Kelurahan Padang Bulan Selayang Medan Tahun 2018. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan metode pembiakan dan reaksi biokimia. Populasi dalam penelitian ini seluruh sop buah yang diperjualbelikan di Jalan Dr. Mansyur kelurahan Padang Bulan Medan sebanyak 10 sampel. Dari 10 sampel yang diperiksa ada 2 yang terkontaminasi oleh bakteri Salmonella sp dengan kode sampel S1 dan S4. Hal ini terjadi karena air sop buah yang kurang hygenies dan sop buah tidak memenuhi syarat kesehatan dapat menimbulkan kontaminasi pada makanan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Rizqoh, D., & Ismuda, H. (2021). KONTAMINASI Salmonella sp. PADA SOP BUAH YANG DIJUAL DI JALAN DR. MANSYUR KELURAHAN PADANG BULAN KOTA MEDAN. JURNAL ANALIS LABORATORIUM MEDIK, 6(1), 1–5. https://doi.org/10.51544/jalm.v6i1.1894
Section
Artikel

References

Arthur G. Jhonson Richard J. Ziegler Lousie Hawley. Essential Mikrobiologidan Imunologi, Tanggerang Selatan : 2011.

Depkes RI. 2004. Higiene Sanitasi Makanan dan Minuman.Dirjen PPL dan PM. Jakarta.

Dewi, YS. 2008. Higiene dan dan Sanitasi pengelolaan Makanan pada Sentra Pedagang Makanan Jajanan Kesawan Square dan Paguruyung Medan Tahun 2008. Skripsi FKM USU. Medan.

Jawetz, Melnick, dan Adelberg’s. Mikrobiologi Kedokteran Edisi pertama, Penerbit salemba medika. Jakarta 2001.

Jawetz, Melnick, Geo F Brooks. Mikrobiologi Kedokteran. 23th ed. Jakarta : Buku Kedokteran EGC; 2008.

Lyndon S. Buku Ajar Mikrobiologi Kedokteran Edisi Revisi. Tanggerang; Penerbit Binarupa Aksara; 2012,

Nitisusastro, H. M., 2013. Prilaku Konsumen dalam Perspektif Kewirausahaan. Penerbit Alfabeta. Bandung.

Radji Maksum dan M. Biomed.Buku Ajar Mikrobiologi : panduan Mahasiswa Farmasi dan Kedokteran. Jakarta, Penerbit Buku Kedokteran EGC; 2010.

Syahrurahman A, dkk. Buku Ajar Mikrobiologi Kedokteran Edisi Revisi.Tanggerang ; 2000.