Rancang Bangun Power Bank Bertenaga Surya Dan VAWT

Main Article Content

Dimas Eka Wuri
M Hamdani Santoso
Juanda Hakim Lubis

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat  ini berkembang pesat seiring dengan kemajuan di berbagai bidang, sehingga membuat manusia selalu untuk berusaha mengembangkan dan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi tersebut untuk kemudahan dalam berbagai hal. Contohnya yaitu handphone.Handphone (ponsel genggam) yang sekarang lebih dikenal dengan smartphone telah menjadi kebutuhan yang wajib dimiliki oleh setiap orang. Pada saat ini, fungsi smartphone tidak hanya sebatas digunakan untuk menelpon atau mengirim pesan singkat (SMS), namun smartphone juga dapat digunakan untuk melakukan berbagai macam hal diantaranya digunakan untuk mengambil gambar dengan fasilitas kamera yang terdapat di smartphone, memutar lagu, menonton video, menjelajah internet (browsing) dan masih banyak lagi kegunaan dari smartphone yang sangat membantu dalam kehidupan sehari-hari. Pada penelitian ini, solusi yang diberikan power bank ramah lingkungan yang tidak membutuhkan sumber daya PLN, yaitu dengan memanfaatkan tenaga surya dan tenaga angin sebagai sumber daya utramanya yang dilengkapi dengan fitur kompas yang diperuntukkan bagi seseorang yang memiliki tingkat mobilitas yang tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Wuri, D. E., Santoso, M. H., & Lubis, J. H. (2019). Rancang Bangun Power Bank Bertenaga Surya Dan VAWT. JURNAL MAHAJANA INFORMASI, 4(2), 39–42. https://doi.org/10.51544/jurnalmi.v4i2.948
Section
Artikel

References

Amin, Ahmadil. 2018. Monitoring Water
Level Control Berbasis Arduino Uno Menggunakan LCD LM016L. Electric Electronic Instrumentation Control and Telecommunication.Vol 1, No 1.
Dixit, Rucha., Chaudhari, Harshali., Jadhav, Shital., dan Jagtap, Komal. 2017. Water Level and Leakage Detection System with its Quality Analysis Based on Sensor for Home Application. International Research Journal of Engineering and Technology (IRJET). Vol 04, Issue: 11, Nov-2017. 2395-0056.
Hendrayudi (2009), “VB 2008 untuk Berbagai Keperluan Pemrograman”, Elex Media, Jakarta.
Parashar, Mohita., Patil, Roopa., Singh, Siddharth., VedMohan., dan Rekha, KS. 2018. Water Level Monitoring System in Water Dispensers Using IoT. International Research Journal of Engineeing and Technology (IRJET). Vol 05, Issue: 04, Apr-2018. 2395-0056.
Odli, Mohd Zaity Syazwani., Izhar, Tengku., Razak Abdul., Yusuf, Yasina., Zakarya, Azura., Saad, Mohd., dan Nor, Mohd. 2016. Development of Portable Water Level Sensor for Flood Management System. ARPN Journal of Engineering and Applied Sciences. Vol 11, No 8, April. 1819-6608.
Shrivastava,A.K., Verma, A., dan Singh, SP. 2010. Distance Measurement of an Object or Obstacle by Ultrasound Sensors using P89C51RD2. International Journal of Computer Theory and Engineering. Vol 2 No 1 February. 1793 – 8201.
Skiena, Steven S (2013), “The Algorithm Design Manual”, Springer
T. Sutojo, Edy Mulyanto, Vincent Suhartono (2011), “Kecerdasan Buatan”, Andi Offset, Yogyakarta.