PENGAMANAN PESAN MENGGUNAKAN ALGORITMA HILL CIPHER DALAM KEAMANAN KOMPUTER

Main Article Content

Akbar Serdano
Muhammad Zarlis
Sawaluddin Sawaluddin
Dedy Hartama

Abstract

Dalam sebuah pengamanan data atau informasi pastinya memiliki teknik untuk mengamankan data atau informasi. Kriptografi menjadi salah satu teknik dalam enkripsi (merubah informasi menjadi bentuk yang tidak dimengerti)  dan dekripsi (mengembalikan informasi dari bentuk yang tidak dimengerti menjadi informasi aslinya). Ada dua sebutan dalam proses enkripsi dan dekripsi yang digunakan yaitu plainteks merupakan pesan atau informasi asli dan cipherteks yang merupakan hasil dari penyandian. Algortima hill cipher merupakan salah satu bagian dari algoritma kriptografi yang sangat sulit untuk dipecahkan oleh kriptanalis. Dalam algoritma hill cipher proses yang dilakukan dengan menggunakan matriks kunci dan modulo. Setiap karakter yang berada di plainteks maupun cipherteks akan dikonversikan kedalam bentuk angka atau desimal. Enkripsi dilakukan dengan mengalikan matriks kunci dengan matriks plainteks, sedangkan Dekripsi dilakukan dengan mengalikan invers matriks kunci dengan matriks cipherteks. Matriks yang digunakan pada hill cipher adalah matriks persegi, yang dimana memanfaatkan matriks persegi sebagai matriks kunci untuk plainteks dan cipherteks. Plainteks maupun cipherteks yang digunakan berupa angka huruf dan simbol yang dikonversikan sebanyak 29 karakter.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Serdano, A., Zarlis, M., Sawaluddin, S., & Hartama, D. (2019). PENGAMANAN PESAN MENGGUNAKAN ALGORITMA HILL CIPHER DALAM KEAMANAN KOMPUTER. JURNAL MAHAJANA INFORMASI, 4(2), 5–9. https://doi.org/10.51544/jurnalmi.v4i2.942
Section
Artikel

References

Munir, Rinaldi, 2007, Kriptografi, Penerbit Informatika, Bandung.

Pramono Andy dan sujjada Alun,” Implementasi Algoritma Hill Cipher Sebagai media Steganografi Mneggunakan Metode LSB, 2009.

Munawar, "Perancangan Algoritma Sistem Keamanan Data Menggunakan Metode Kriptografi Asimetris ", Vol.1, 2012.

Widyanarko, arya. 2007. Studi dan Analisis mengenai Hill Cipher, Teknik Kriptanalisis dan Upaya Penanggulangannya. Bandung: Fakultas Teknik ITB

Anton, H. & Rorres, C., 2005, Elementary Linear Algebra, Applications Version, 9th Edition, New York: John Wiley & Sons.

Alz Danny Wowor, 2013, Modifikasi Kriptografi Hill Cipher Menggunakan Convert Between Base, Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia (SESINDO), Bali 2-4 Desember 2005, ITS Surabaya.

Hill, Lester, S., 1929, Cryptography in an Algebraic Alphabet: The American Mathematical Monthly, 36 (6), pp.306-312.