Sistem Informasi Persediaan Dry Lens Untuk Lensa Kontak Berbasis WEB

Main Article Content

Linda Nurama
Swono Sibagariang*

Abstract

Sistem yang baik mampu memberikan informasi dengan data yang akurat dan tepat dalam proses pengolahannya. Salah satu faktor yang terjadi di department Planning PT CIBA VISION BATAM adalah pencatatan informasi quantity per cavity untuk Dry Lens Air Optix Night and Day masih menggunakan file excel dimana semakin panjang file maka akan menyebabkan file yang akan dibuka lebih lambat. Data yang disimpan dalam file Microsoft Excel juga sangat tidak efektif karena jika terjadi kesalahan pada saat data diproses akan menyebabkan ketidaksesuaian informasi dan kehilangan data yang disebabkan oleh human error. Personnel Planning membutuhkan suatu sistem informasi yang dapat memberikan informasi ketersediaan Dry Lens Air Optix Night and Day per cavity. Perancangan sistem informasi persediaan Dry Lens per cavity ini berupa aplikasi sistem berbasis web yang dapat membantu dalam penyimpanan dan pengolahan data serta menampilkan hasil inventory Dry Lens per cavity sesuai dengan aktual dry lens yang tersedia di warehouse. Berdasarkan implementasi yang sudah dilakukan, sistem dapat menampilkan persediaan berdasarkan status yang ada sehingga tidak perlu melakukan sort data pada jumlah persediaan yang di export kedalam file excel.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Nurama, L., & Sibagariang*, S. (2022). Sistem Informasi Persediaan Dry Lens Untuk Lensa Kontak Berbasis WEB. JURNAL MAHAJANA INFORMASI, 7(1), 42–49. https://doi.org/10.51544/jurnalmi.v7i1.2953
Section
Artikel

References

Mersiana, D., & Purwandari, N. (2017). Aplikasi Sistem Inventory Berbasis Web Pada PT. Kreasinar Inticipta Nuansa. Jurnal Sains Dan Teknologi, 4, 106-117.

Prasetyo, Y. (2019). Sistem Informasi Inventory Buku LKS di CV SETIAJI Berbasis Website (Doctoral dissertation, Universitas Komputer Indonesia).

Surojudin, N. (2018). Sistem Informasi Persediaan Bahan Baku Pada PT. Takahashi Spring Indonesia Dengan Menggunakan Metode Waterfal. Jurnal SIGMA, 8(1), 52-59.

Tahkiq, Ahmad, 2012, Sistem Informasi Persediaan Dodol, Jurnal Konstruksi Sekolah Tinggi Teknologi. Garut.

Apriani, D., Aisyah, E. S., & Anggraini, L. (2019). Rancang Bangun Sistem Informasi Inventory Peralatan Komputer Berbasis Website Pada PT Indonesia Toray Synthetics. Technomedia Journal, 4(1 Agustus), 15-29.

Rahmad, Mhd B., and Tedy Setiady. "Perancangan Sistem Informasi Persediaan Spare Part Elektronik Berbasis Web Php (Studi CV. Human Global Service YOGYAKARTA)." Jurnal Sarjana Teknik Informatika, vol. 2, no. 2, 1 Jun. 2014, pp. 534-543.

Sutedjo Darma Oetomo, B. (2006). Perencanaan dan Pembangunan Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Offset.

Pemrograman Web dengan PHP dan MySQL. (n.d.). Retrieved November 03, 2020, from https://ilmukomputer.org/2019/03/09/pemrograman-web-dengan-php-dan-mysql/

Purnama, V. C. (2013). Perancangan Sistem Informasi Persediaan Darah Berbasis Web Pada Palang Merah Indonesia Cabang Bantul. Speed-Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, 8(3).

Solichin, A. (2016). Pemrograman web dengan PHP dan MySQL. Penerbit Budi Luhur.

Hakim, Zainul, Lilis Sakuroh & Soni Awaludin (2019). Sistem Informasi Persedian Barang Berbasis Web Pada CV Telaga Berkat. Jurnal Sisfotek Global Vol. 9 No.1, Maret 2019.

Mulyadi & Mochamad Nandi Susila. Sistem Informasi Persediaan Barang Berbasis Web Pada PT. Wirausaha Muda Mandiri Jakarta. Jurnal Smart Comp, Vol 10. 10 No.1, Januari 2021.

Sari, Ani Oktarini & Elan Nuari. Rancang Bangun Sistem Informasi Persediaan Barang Berbasis Web Dengan Metode Fast (Framework For The Applications). Jurnal PILAR Nusa Mandiri Vol. 13, No.2 September 2017.