Sistem Pakar Penanganan Gangguan Wifi.Id Pada Pelanggan Wms Dan Wico Menggunakan Metode Case-Based Reasoning Dengan Algoritma Similaritas Jaccard Berbasis Android

Main Article Content

Munifatir Rizqi Aziz

Abstract

Wifi.id adalah layanan Wifi terbesar di Indonesia yang menyebar dari seluruh tempat di Indonesia. Wifi.id menawarkan layanan wifi untuk publik dan korporasi hingga ke pelanggan. Dengan banyaknya bidang yang dilayani, semakin tahun pelanggan Wifi.id akan terus meningkat, dan tidak menutup kemungkinan akan mengakibatkan bertambahnya gangguan layanan Wifi.id. Sebagai salah satu solusinya adalah dibuatlah program untuk pelanggan Wifi.id khusunya WMS yang mengadopsi pola berfikir manusia yang dinamakan arfificial intelligence. Sistem yang akan dibuat menggunakan metode Case-Based Reasoning dan algoritma Similaritas Jaccard untuk menghitung nilai kemiripan. Tingkat nilai kemiripan ditentukan berdasarkan berapa banyaknya kesamaan gejala kerusakan yang dimasukkan dengan gejala kerusakan yang ada dalam basisdata. Solusi kerusakan akan dimunculkan berdasarkan nilai kemiripan tertinggi sebagai saran penanganan gangguan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Aziz, M. R. (2022). Sistem Pakar Penanganan Gangguan Wifi.Id Pada Pelanggan Wms Dan Wico Menggunakan Metode Case-Based Reasoning Dengan Algoritma Similaritas Jaccard Berbasis Android. JURNAL MAHAJANA INFORMASI, 7(1), 60–67. https://doi.org/10.51544/jurnalmi.v7i1.2542
Section
Artikel

References

Fitrianto, N., & Wibisono, S. (2018), Sistem Pakar Penanganan Gangguan Layanan Indihome Pada Pelanggan PT Telkom Indonesia Menggunakan Metode Case-Based Reasoning Dengan Algoritma Similaritas Jaccard, Industrial Revolution 4.0 Toward Smart City For Better Indonesia. SINTAK, Vol 2, Semarang, 14 November, 472-479.

Aconcagua, P. A., & Wibisono, S. (2017), Sistem Pakar Menggunakan Case Based Reasoning Dengan Algoritma Similarity Probabilistic Symmetric untuk Mendeteksi Hama dan Penyakit Tanaman Anggrek Dendrobium, Prosiding SINTAK, Vol 1, Semarang, 15 November, 147-154.

Rosa, A.S., & Shalahuddin, M. (2014), Rekayasa Perangkat Lunak Struktur dan Berorientasi Objek. Bandung : Informatika.

Setiawan, A., & Wibisono, S. (2019), Case Based Reasoning Untuk Mendiagnosa Penyakit dan Hama Pada Tanaman Mangga Menggunakan Algoritma Similaritas Sorgenfrei. Dinamik, 23(1), Semarang, 17 Juni. 1-10.

Pahlawan, A. R., & Wibisono, S. (2017), Implementasi Case Based Reasoning untuk Sistem Diagnosis Hama dan Penyakit Tanaman Cabe Merah Menggunakan Algoritma Similaritas Neyman, Prosiding SINTAK, Vol 1, Semarang, 15 November, 155-162.