PENERAPAN METODE FORWARD CHAINING PADA SISTEM PAKAR PENYAKIT BURUNG LOVEBIRD

Main Article Content

Debi Guzmaliza
Desi Puspita

Abstract

Tujuan adari penelitian adalah untuk menghasilkan sistem pakar penyakit burung lovebird dengan melakukan peneparan metode Forward Chaining. Di kota Pagar Alam burung lovebird memiliki banyak peminat dari berbagai lapisan masyarakat baik mahasiswa, pengusaha maupun dari aparat pemerintahan.  Tempat yang akan dijadikan objek penelitian ini adalah Dinas Pertanian Kota Pagar Alam. Sistem yang berjalan saat ini masih dilakukan secara manual dalam penyimpanan data gejala maupun data penyakit, hal ini menimbulkan masalah yang menyebabkan para peternak maupun pencinta burung lovebird kesulitan dalam mendapatkan informasi tentang penyakit pada burung. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan studi pustaka. Metode pengembangan sistem menggunakan metode waterfall dengan tahapan analisis, desain, pengkodean, dan pengujian. Metode pengujian dilakukan dengan menggunakan black box Testing.  Sistem ini dikembangkan dengan menggunakan aplikasi  Adobe Dreamweaver, PHP, MySQL, Axure dan Xampp. Dari hasil pengujian Balck Box testing dengan hasil pengujian sistem berhasil atau valid. Sehingga Sistem Pakar Diagnosa Penyakit pada Burung Lovebird dengan menggunakan metode  forward chaining pada Dinas Pertanian Kota Pagar Alam dapat dimplementasikan dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Guzmaliza, D., & Puspita, D. (2021). PENERAPAN METODE FORWARD CHAINING PADA SISTEM PAKAR PENYAKIT BURUNG LOVEBIRD. JURNAL MAHAJANA INFORMASI, 6(1), 31–40. https://doi.org/10.51544/jurnalmi.v6i1.1989
Section
Artikel

References

Ariawan, J., B.W, E. T., & Alfahmi, N. (2016). Sistem Pakar Menentukan Gen Anakan pada Lovebird. Jurnal Sisfotek Global , 86.Berbasis Web. Jurnal Manajemen Dan Teknologi Informasi , 30.
Azmi, Z., & Yasin, V. (2017). Pengantar Sistem Pakar dan Metode (Introduction of Expert System and Methode). Medan: Mitra Wacana Media.
Desi Puspita. (2016). Website Penerimaan Mahasiswa Baru ( Studi Kasus : STT Pagar Alam ). jurnal ilmiah betrik , 161.
kadir, A. (2019). Aplikasi Sistem Akuntansi dan Laporan Keuangan Badan Usaha Milik Desa. Yogyakarta: Grup Penerbit CV BUDI UTAMA.
Karunyan Syah, A., & Yuli Ananta, A. (2015). Pembuatan Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Pada Burung Puyuh Dengan Menggunakan Metode Forward Chaining. Jurnal Informatika Polinema , 2.
KarunyanSyah, A., & YuliAnanta, A. (2015). Pembuatan Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Pada Burung Puyuh Dengan Menggunakan Metode Forward Chaining. Jurnal Informatika Polinema , 2.
Mu'arif, Z. (2014). Sukses beternak lovebrid kualitas unggulan. Yogyakarta : Lily Publisher.
Nilasari, S. (2016). Jago Membuat WEBSITE Gratis dan cepat. Jakarta: Dunia Komputer.
Puspita, D. (2016). Website Penerimaan Mahasiswa Baru (Studi Kasus : STT PAGAR ALAM). JURNAL ILMIAH BETRIK , 159.
Rahmawati, A., Puspitasari, D., & Pradibta, H. (2015). Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Pada Burung Kenari Dengan Metode Certainty Factor. Jurnal Informatika Polinema , 49.
Rosa A.S, & Salahudin, M. (2016). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung.
Rukun, P. K., & Hayadi, H. (2017). Sistem Informasi berbasis Expert System. yogyakarta: Penerbit Deepublish.
Septiana, L. (2016). Perancangan Sistem pakar diagnosa penyakit ispa dengan metode certainty factor berbasis android. Jurnal TECHNO Nusa Mandiri , 89.
Shalauddin, R. A. (2015). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan k. Bandung: Informatika.
Sibero, A. F. (2013). Web Programming Power Pack. Yogyakarta: MediaKom.
Simanjuntak, V. E., Nababan, L., & Nasari, F. (2018). Penerapan metode case Reasoning untuk mendiagnosa penyakit pada burung Lovebrid. Seminar nasional sistem informasi dan teknologi onformasi 2018 , 719.
Tohirudin, M. (2011). Pintar Membuat Web Dengan Joomla! Cimanggis: KANAYApress,.
Tristono, T., Budiman, A., & Permana, B. A. (2012). Sistem Pakar Berbasis Web Untuk Mendiagnosa Penyakit Burung Merpatih. Sistem Pakar Berbasis , 54.
Wati, E. F., Siregar, M. H., & Kurniawati, N. I. (2018). Expert System diagnosa penyakit paru pada anak dengan metode forward chaining. Journal of information system , 11